cara bikin cemilan dari tepung terigu

Hello teman-teman, dalam artikel kali ini saya akan berbagi tentang cara bikin cemilan dari tepung terigu. Mungkin sebagian dari kalian sering merasa bingung mencari camilan yang enak dan mudah dibuat di rumah. Tapi jangan khawatir, dengan tepung terigu yang ada di dapur, kamu bisa membuat berbagai macam camilan yang lezat lho! Tanpa basa-basi lagi, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Kenapa tepung terigu?

Sebelum kita mulai membahas cara membuat camilan dari tepung terigu, sebaiknya kita tahu dulu apa kelebihan tepung terigu. Tepung terigu sendiri mengandung zat tepung gluten yang berguna untuk membentuk struktur makanan. Selain itu, tepung terigu juga mudah ditemukan di pasaran dan harganya terjangkau. Jadi, dengan menggunakan tepung terigu, kamu bisa membuat camilan yang enak tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Cara membuat camilan dari tepung terigu

1. Bolu kukusBolu kukus adalah camilan yang mudah dibuat dan sangat disukai oleh banyak orang. Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan tepung terigu, telur, gula, dan baking powder. Kemudian aduk semua bahan hingga merata dan tuangkan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti. Kukus selama 20-25 menit dan voila! Bolu kukus siap dinikmati.2. DonatDonat adalah camilan yang juga mudah dibuat menggunakan tepung terigu. Caranya, campurkan tepung terigu, telur, ragi, susu, dan gula. Aduk semua bahan hingga merata dan diamkan selama 30 menit sampai adonan mengembang. Setelah itu, bentuk adonan sesuai selera dan goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan. Tambahkan toping seperti gula halus atau coklat cair untuk menambah cita rasa.3. Kue cubitKue cubit adalah camilan yang menjadi favorit banyak orang. Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan tepung terigu, telur, gula, susu, dan baking powder. Aduk semua bahan hingga merata dan tuangkan ke dalam cetakan khusus kue cubit. Panggang selama beberapa menit hingga matang dan berwarna kecokelatan. Sajikan dengan topping sesuai selera.4. PancakePancake adalah camilan yang cocok disajikan pada waktu sarapan atau brunch. Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan tepung terigu, telur, susu, dan baking powder. Aduk semua bahan hingga merata dan tuangkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Panggang hingga kedua sisinya matang dan sajikan dengan topping seperti madu, buah-buahan, atau sirup maple.5. ChurrosChurros adalah camilan yang berasal dari Spanyol dan kini populer di seluruh dunia. Untuk membuatnya, campurkan tepung terigu, gula, garam, dan air. Kemudian masukkan adonan ke dalam kantung plastik yang sudah dilengkapi dengan spuit khusus churros. Panaskan minyak dalam wajan dan semprotkan adonan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kecokelatan dan sajikan dengan gula halus atau saus coklat.6. PastelPastel adalah camilan yang berasal dari Brasil dan terbuat dari kulit pastel yang diisi dengan berbagai macam isian. Untuk membuat kulit pastel, kamu bisa mencampurkan tepung terigu, garam, minyak sayur, dan air. Aduk semua bahan hingga merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, pipihkan adonan dan isi dengan isian sesuai selera. Lipat kulit menjadi setengah lingkaran dan goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan.7. Kue lumpurKue lumpur adalah camilan yang mudah dibuat dan sangat disukai banyak orang. Untuk membuatnya, kamu bisa mencampurkan tepung terigu, telur, gula, susu, dan baking powder. Aduk semua bahan hingga merata dan tuangkan ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti. Panggang dalam oven selama 20-25 menit atau sampai matang. Sajikan kue lumpur dalam keadaan hangat untuk mendapatkan tekstur yang lembut.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara bikin cemilan dari tepung terigu yang bisa kamu praktekkan di rumah. Dengan tepung terigu yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau, kamu bisa membuat berbagai macam camilan yang enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Nama Camilan Bahan-bahan Cara Membuat
Bolu Kukus Tepung terigu, telur, gula, baking powder Campur semua bahan, aduk rata, kukus selama 20-25 menit.
Donat Tepung terigu, telur, ragi, susu, gula Campur semua bahan, diamkan selama 30 menit, goreng dalam minyak panas.
Kue Cubit Tepung terigu, telur, susu, gula, baking powder Campur semua bahan, tuang ke dalam cetakan kue cubit, panggang hingga matang.
Pancake Tepung terigu, telur, susu, baking powder Campur semua bahan, tuangkan ke dalam wajan, panggang hingga kedua sisinya matang.
Churros Tepung terigu, gula, garam, air Campur semua bahan, semprotkan adonan ke dalam minyak panas, goreng hingga kecokelatan.
Pastel Tepung terigu, garam, minyak sayur, air Campur semua bahan, isi dengan isian sesuai selera, goreng hingga kecokelatan.
Kue Lumpur Tepung terigu, telur, gula, susu, baking powder Campur semua bahan, panggang dalam oven selama 20-25 menit.