resep masak tempe kecap

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga sobat-sobat sekalian dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masak tempe kecap yang lezat dan menggugah selera. Tempe kecap memang menjadi salah satu hidangan favorit di Indonesia. Selain rasanya yang enak, tempe kecap juga mudah dan praktis untuk dibuat. Jadi, bagi sobat yang ingin mencoba membuat hidangan yang lezat ini, yuk kita simak resep berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe kecap ini sangat sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau toko terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu sobat persiapkan:

– 300 gram tempe, potong dadu- 2 siung bawang putih, cincang halus- 1 buah bawang bombay, iris tipis- 2 buah cabai merah besar, iris serong- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan saus tiram- 1 sendok teh gula pasir- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah menggoreng tempe. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng tempe hingga kecokelatan dan matang merata. Angkat tempe dan tiriskan.

Kemudian, dalam wajan yang sama, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan bawang bombay dan cabai merah, lalu aduk hingga layu. Setelah itu, masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu.

Tambahkan kecap manis, saus tiram, gula pasir, garam, dan merica bubuk. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur merata dan bumbu meresap ke dalam tempe. Masak tempe kecap dengan api sedang, sambil terus diaduk selama kurang lebih 5 menit.

Setelah matang, angkat tempe kecap dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Tempe kecap siap disantap bersama nasi hangat dan lauk pendamping lainnya, seperti sayur tumis atau telur dadar.

Selain nikmat disantap sebagai lauk, tempe kecap juga dapat dijadikan sebagai camilan yang lezat. Sobat bisa menggoreng tempe hingga kering dan renyah, lalu beri taburan bawang goreng atau irisan cabai rawit untuk menambah kelezatan.

Tidak hanya lezat, tempe kecap juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Tempe kaya akan protein nabati, serat, serta kaya akan vitamin dan mineral. Makan tempe secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga keseimbangan nutrisi yang diperlukan.

Nah, itulah resep masak tempe kecap yang lezat dan menggugah selera. Praktis dan mudah, bukan? Jadi, jangan ragu untuk mencobanya di rumah dan ajak keluarga untuk menikmati hidangan lezat ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!