resep masak kikil bumbu kuning padang

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah resep masakan yang lezat dan khas dari Padang, yaitu “resep masak kikil bumbu kuning padang”. Siapa di sini yang suka masakan Padang? Pasti banyak yang mengangguk setuju, kan? Masakan Padang memang terkenal dengan cita rasanya yang kaya dan bumbunya yang menggugah selera. Nah, kali ini kita akan mencoba menyajikan kikil dengan bumbu kuning yang khas Padang. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk masak kikil bumbu kuning padang ini cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 500 gram kikil sapi, potong-potong sesuai selera2. 1 batang serai, memarkan3. 3 lembar daun jeruk4. 1 ruas lengkuas, memarkan5. 2 lembar daun salam6. 2 sdm minyak goreng7. 1 liter air8. Garam secukupnya

Bahan untuk bumbu kuning:

1. 5 butir bawang merah2. 3 siung bawang putih3. 3 butir kemiri, sangrai4. 2 cm kunyit, bakar sebentar5. 2 cm jahe6. 2 cm kencur7. 2 buah cabai merah keriting8. 2 buah cabai rawit (sesuai selera)9. 1 sdt merica bubuk10. 1 sdt ketumbar bubuk

Setelah semua bahan terkumpul, kini saatnya kita memasak kikil bumbu kuning padang ini dengan langkah-langkah berikut:

1. Pertama, rebus kikil sapi dalam air mendidih selama kurang lebih 15-20 menit hingga kikil empuk. Jangan lupa untuk membuang air rebusan pertama agar kikil tidak berbau prengus.

2. Setelah kikil empuk, tiriskan kikil dan potong-potong sesuai selera. Sisihkan.

3. Selanjutnya, haluskan semua bahan untuk bumbu kuning menggunakan blender atau ulekan.

4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.

5. Masukkan serai, daun jeruk, lengkuas, dan daun salam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata.

6. Tambahkan potongan kikil ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu kuning.

7. Tuangkan air secukupnya dan masak kikil dengan api kecil hingga kuah mengental dan bumbu meresap ke dalam kikil. Aduk sesekali agar tidak gosong.

8. Terakhir, tambahkan garam secukupnya dan aduk rata. Cicipi dan sesuaikan rasa.

9. Angkat kikil bumbu kuning padang, sajikan dalam piring saji, dan siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba resep masak kikil bumbu kuning padang ini, Sobat Info Negeri! Jangan lupa untuk menyajikannya dengan nasi putih hangat dan lauk pendamping favoritmu, seperti rendang atau ayam goreng. Rasakan sensasi cita rasa Padang yang menggoyang lidah dengan tambahan bumbu kuning yang khas. Selamat menikmati!

Tidak hanya lezat, masakan kikil bumbu kuning padang juga kaya akan nutrisi. Kikil sapi mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, bumbu kuning yang terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit dan jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Demikianlah resep masak kikil bumbu kuning padang yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba masakan khas Padang. Jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada teman-teman dan keluarga agar mereka juga bisa menikmati kelezatannya. Selamat mencoba dan terima kasih telah membaca!