resep bumbu rendang sapi

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan sehat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep bumbu rendang sapi yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan masakan yang kaya akan rempah-rempah dan cita rasa yang menggigit? Rendang sapi adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang sangat terkenal di seluruh dunia. Jadi, jika kalian ingin mencoba membuat rendang sapi sendiri di rumah, simak artikel ini sampai habis ya!

Rendang sapi adalah masakan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang kaya dan kompleks. Proses memasak rendang sapi bisa sedikit lebih rumit dan memakan waktu, tetapi hasil akhirnya tidak akan mengecewakan. Rendang sapi yang sempurna seharusnya memiliki cita rasa gurih, pedas, dan rempah yang meresap sempurna ke dalam daging. Nah, berikut adalah resep bumbu rendang sapi yang bisa kalian coba di rumah.

Bahan-bahan:- 1 kg daging sapi (pilih bagian yang memiliki lemak sedikit, seperti daging sandung lamur)- 7 lembar daun jeruk purut- 3 batang serai, memarkan- 4 cm lengkuas, memarkan- 4 lembar daun salam- 600 ml santan kental- 200 ml santan encer- 2 sendok makan gula merah, sisir halus- Garam secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:- 10 butir bawang merah- 6 siung bawang putih- 5 buah cabai merah keriting (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)- 8 buah cabai rawit merah (jika suka pedas)

Cara membuat:1. Pertama-tama, siapkan daging sapi yang sudah dipotong-potong sesuai selera. Bersihkan daging dari lemak yang berlebihan. Lalu, rebus daging sapi dalam air mendidih selama 10-15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu, angkat dan tiriskan daging sapi.2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Pastikan untuk menumis dengan api kecil agar bumbu tidak gosong.3. Setelah bumbu halus matang, masukkan daun jeruk purut, serai, lengkuas, dan daun salam. Aduk rata dan tumis beberapa menit hingga rempah-rempah tercium aroma harum.4. Masukkan daging sapi yang sudah direbus ke dalam wajan. Aduk rata hingga daging terbalut oleh bumbu dan rempah-rempah dengan merata.5. Tuangkan santan kental dan santan encer ke dalam wajan. Masak dengan api kecil hingga santan mendidih dan berkurang separuhnya. Aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam daging secara merata.6. Setelah santan berkurang, tambahkan gula merah dan garam sesuai selera. Aduk rata dan masak terus hingga daging sapi menjadi empuk dan bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Ini adalah tahap yang membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 2-3 jam, tetapi hasil akhirnya sangatlah lezat.7. Setelah daging empuk dan bumbu meresap dengan sempurna, matikan api dan angkat rendang sapi dari wajan. Rendang sapi siap disajikan!

Nah, itu dia resep bumbu rendang sapi yang lezat dan menggugah selera untuk kalian coba di rumah. Rendang sapi merupakan salah satu hidangan yang sempurna disajikan dengan nasi putih hangat dan irisan mentimun segar. Selamat mencoba dan nikmati cita rasa autentik rendang sapi yang kaya akan rempah-rempah!

Demikianlah artikel kita kali ini mengenai resep bumbu rendang sapi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba memasak rendang sapi sendiri di rumah. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman kalian jika kalian menyukai artikel ini. Terima kasih telah berkunjung dan selamat memasak!