olahan putih telur kukus untuk lauk

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai olahan putih telur kukus untuk lauk. Siapa bilang putih telur hanya bisa dijadikan omelet atau scrambled eggs? Ternyata, putih telur juga bisa diolah menjadi lauk yang lezat dan bergizi lho. Yuk, kita temukan resep-resepnya!

Putih telur adalah bagian yang sering diabaikan ketika kita memasak telur. Padahal, putih telur mengandung banyak protein yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain itu, putih telur juga rendah kalori dan lemak, sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet atau memperhatikan pola makan sehat.

Salah satu cara yang mudah untuk mengolah putih telur adalah dengan cara dikukus. Proses pengukusan ini akan menjaga kualitas nutrisi yang terkandung dalam putih telur. Selain itu, dengan mengukus putih telur, kamu juga dapat mengurangi penggunaan minyak atau bahan penggorengan lainnya yang tinggi lemak jenuh.

Berikut ini adalah beberapa resep olahan putih telur kukus yang bisa kamu coba di rumah:

1. Telur Ayam Bumbu BaliBahan-bahan:- 4 butir telur ayam- 2 siung bawang putih, haluskan- 2 cm lengkuas, memarkan- 1 lembar daun salam- 3 buah cabai merah, iris tipis- 2 buah cabai rawit, iris tipis- 1 sendok makan kecap manis- 1 sendok teh gula merah, serut- Garam secukupnya- Air secukupnya

Cara membuat:1. Kocok lepas putih telur dalam sebuah wadah.2. Tambahkan bawang putih, lengkuas, daun salam, cabai merah, cabai rawit, kecap manis, gula merah, dan garam. Aduk rata.3. Tuang adonan putih telur ke dalam cetakan kukusan yang telah diolesi minyak.4. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga matang.5. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

2. Telur Dadar TahuBahan-bahan:- 4 butir telur ayam- 1 buah tahu, haluskan- 1/2 buah wortel, parut kasar- 2 batang daun bawang, iris halus- Garam dan merica secukupnya- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:1. Campurkan telur ayam, tahu, wortel, daun bawang, garam, dan merica dalam sebuah wadah. Aduk rata.2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan.3. Ambil satu sendok adonan dan masukkan ke dalam wajan. Ratakan adonan.4. Goreng hingga kedua sisi matang dan berwarna keemasan.5. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama dengan sambal atau saus kesukaanmu.

3. Telur Puyuh Bumbu RujakBahan-bahan:- 10 butir telur puyuh, rebus dan kupas kulitnya- 2 sendok makan air asam jawa- 1 sendok makan gula merah, serut- 1/2 sendok teh garam- 2 buah cabai rawit, iris halus- 1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat:1. Campurkan air asam jawa, gula merah, garam, cabai rawit, dan daun bawang dalam sebuah wadah. Aduk rata.2. Masukkan telur puyuh dalam adonan bumbu. Pastikan semua telur terbalut bumbu.3. Diamkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.4. Kukus telur puyuh selama kurang lebih 10-15 menit.5. Angkat dan sajikan. Telur puyuh kukus siap untuk dinikmati.

Itulah beberapa resep olahan putih telur kukus yang bisa kamu coba di rumah. Selain enak dan bergizi, olahan putih telur ini juga bisa menjadi variasi menu makananmu sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencoba ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!