masak nangka muda

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang masak nangka muda. Masakan yang satu ini memang tidak asing lagi bagi pencinta kuliner Indonesia. Nangka muda memiliki cita rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang menggugah selera. Jadi, bagi kamu yang penasaran dengan resep masak nangka muda, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sebelumnya, mari kita kenali terlebih dahulu nangka muda itu sendiri. Nangka merupakan buah yang berasal dari pohon nangka (Artocarpus heterophyllus). Buah ini memiliki ukuran yang cukup besar, kulit yang berduri, dan daging buah yang manis. Nangka muda biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan tekstur yang lebih lunak dibandingkan dengan nangka yang sudah tua.

Masak nangka muda bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti direbus, ditumis, atau diolah menjadi bumbu masakan. Salah satu hidangan yang populer adalah nangka muda masak gulai. Gulai nangka muda memiliki rasa yang gurih dan aroma rempah yang khas, cocok disantap dengan nasi hangat. Untuk membuat gulai nangka muda, berikut adalah bahan-bahan dan langkah-langkahnya:

Bahan-bahan:1. 1 kg nangka muda, potong-potong2. 500 ml santan kental3. 3 lembar daun jeruk, iris halus4. 2 batang serai, memarkan5. 2 cm lengkuas, memarkan6. 5 buah cabai merah, iris serong7. 4 siung bawang merah, iris tipis8. 3 siung bawang putih, iris tipis9. 2 cm kunyit, bakar dan haluskan10. 2 cm jahe, bakar dan haluskan11. 1 sendok teh gula merah, serut12. Garam secukupnya

Langkah-langkah:1. Rebus potongan nangka muda dalam air mendidih hingga empuk. Tiriskan.2. Tumis bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serai, dan lengkuas hingga harum.3. Masukkan potongan nangka muda, daun jeruk, dan cabai merah. Aduk rata.4. Tuangkan santan kental, aduk hingga merata.5. Tambahkan gula merah, garam, dan air secukupnya. Masak dengan api kecil hingga kuah mengental dan bumbu meresap.6. Angkat dan hidangkan gulai nangka muda dengan nasi hangat.

Selain gulai, nangka muda juga bisa diolah menjadi sayur lodeh. Sayur lodeh nangka muda sangat terkenal di daerah Jawa Barat. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat sayur lodeh nangka muda:

Bahan-bahan:1. 500 gram nangka muda, potong-potong2. 200 ml santan kental3. 2 lembar daun salam4. 2 cm lengkuas, memarkan5. 2 batang serai, memarkan6. 5 buah cabai hijau, iris serong7. 3 siung bawang merah, iris tipis8. 2 siung bawang putih, iris tipis9. 2 buah tomat, potong-potong10. Garam secukupnya

Cara membuat:1. Rebus potongan nangka muda dalam air mendidih hingga empuk. Tiriskan.2. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, dan serai hingga harum.3. Masukkan potongan nangka muda dan cabai hijau. Aduk rata.4. Tuangkan santan kental, aduk hingga merata.5. Tambahkan garam secukupnya. Masak dengan api kecil hingga kuah mengental dan bumbu meresap.6. Angkat dan sajikan sayur lodeh nangka muda dengan nasi putih dan sambal terasi.

Selain itu, nangka muda juga bisa diolah menjadi masakan tumis yang lezat. Tumis nangka muda memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat tumis nangka muda:

Bahan-bahan:1. 500 gram nangka muda, potong-potong2. 2 buah cabai merah, iris serong3. 2 siung bawang merah, iris tipis4. 2 siung bawang putih, iris tipis5. 2 lembar daun salam6. 1 batang serai, memarkan7. 1 cm lengkuas, memarkan8. Garam secukupnya9. Gula secukupnya10. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:1. Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, dan serai hingga harum.2. Masukkan potongan nangka muda dan cabai merah. Aduk rata.3. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Masak dengan api kecil hingga nangka muda matang dan bumbu meresap.4. Angkat dan sajikan tumis nangka muda selagi hangat.

Demikianlah beberapa resep masak nangka muda yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan menikmati masakan yang lezat ini! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang sedang mencari variasi hidangan untuk keluarga tercinta. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!