masak soto ayam santan

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang lezat dan menggugah selera, yaitu “Masak Soto Ayam Santan”. Siapa yang tidak suka dengan masakan soto? Rasanya yang kaya akan rempah-rempah dan aroma khasnya yang menggoda, membuat soto menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Yuk, simak resep lengkapnya!

Soto Ayam Santan adalah variasi soto ayam yang memiliki kuah kental berbasis santan. Kuah santan yang gurih dan lezat ini, membuat soto ayam santan memiliki cita rasa yang berbeda namun tetap menggugah selera. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan dalam membuat soto ayam santan juga mudah ditemukan dan proses pembuatannya pun tidak terlalu rumit.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto ayam santan ini antara lain adalah:

1. 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian2. 2 batang serai, memarkan3. 4 lembar daun jeruk purut4. 5 lembar daun salam5. 2 cm jahe, memarkan6. 4 siung bawang putih, haluskan7. 2 sendok makan minyak goreng8. 1 liter air9. 500 ml santan kental10. Garam secukupnya11. Merica secukupnya12. 250 gram mie bihun, rendam dalam air panas hingga lunak13. 100 gram taoge, seduh dengan air panas, tiriskan14. Daun seledri, iris halus untuk taburan15. Bawang goreng untuk taburan

Setelah semua bahan tersedia, kita dapat memulai proses pembuatan soto ayam santan yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan minyak goreng dalam panci besar. Tumis bawang putih yang telah dihaluskan, serai, daun jeruk purut, daun salam, dan jahe hingga harum.2. Masukkan potongan ayam ke dalam panci. Aduk hingga ayam berubah warna dan tercampur rata dengan bumbu.3. Tuangkan air dan santan kental ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan mendidih.4. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan soto ayam santan mendidih perlahan selama sekitar 30-40 menit atau hingga daging ayam empuk dan bumbu meresap ke dalam ayam.5. Angkat ayam dari panci dan suwir-suwir daging ayam. Kemudian, masukkan kembali daging ayam yang telah disuwir ke dalam kuah soto.6. Tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan masak sebentar hingga matang.7. Soto ayam santan siap disajikan. Sajikan dalam mangkuk dengan mie bihun, taoge, daun seledri, dan bawang goreng sebagai pelengkapnya.

Itulah resep soto ayam santan yang dapat Sobat Info Negeri coba di rumah. Rasanya yang lezat dan hangat sangat cocok dinikmati bersama keluarga tercinta, terutama saat cuaca sedang dingin. Selain itu, soto ayam santan ini juga dapat disajikan dengan berbagai pelengkap lainnya, seperti telur rebus, kerupuk, irisan tomat, dan sambal.

Selain enak, soto ayam santan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Ayam sebagai bahan utamanya mengandung protein yang tinggi, sehingga baik untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Selain itu, rempah-rempah yang digunakan dalam kuah soto juga memiliki khasiat yang beragam, seperti jahe yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan serai yang dapat membantu meningkatkan pencernaan.

Sekian artikel tentang “Masak Soto Ayam Santan” ini. Semoga resep ini dapat menjadi inspirasi bagi Sobat Info Negeri untuk mencoba memasak soto ayam santan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!