masak cumi asin

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masak cumi asin yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang gurih dan nikmat ini? Mari kita simak artikel ini sampai habis!

Cumi asin adalah salah satu hidangan laut yang menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat cumi asin menjadi hidangan yang sulit untuk ditolak. Apalagi jika cumi asin ini dimasak dengan resep yang tepat, pastinya akan menghasilkan makanan yang lezat dan menggugah selera.

Untuk membuat cumi asin yang enak, tentunya kita membutuhkan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Pertama-tama, kita perlu mempersiapkan sekitar 500 gram cumi segar. Pastikan cumi yang digunakan dalam keadaan segar agar cita rasanya tetap terjaga. Selain itu, kita juga membutuhkan 2 sendok makan minyak wijen, 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 1 sendok makan saus tiram, serta garam dan merica secukupnya.

Langkah pertama dalam memasak cumi asin adalah membersihkan cumi terlebih dahulu. Caranya sangat mudah. Pertama, buang bagian kepala cumi dan pisahkan tubuh dan tentakel cumi. Kemudian, bersihkan bagian dalam tubuh cumi dengan menghilangkan isi perutnya. Setelah itu, bilas cumi dengan air bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan minyak wijen dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, masukkan cumi yang telah dibersihkan ke dalam wajan. Aduk-aduk cumi hingga merata dengan bawang putih.

Tambahkan saus tiram, garam, dan merica secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata dan masak cumi hingga matang. Jangan terlalu lama memasak cumi agar tidak mengeras.

Setelah matang, angkat cumi dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Cumi asin siap untuk dinikmati! Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang atau cabe rawit untuk memberikan sentuhan pedas pada hidangan ini.

Cumi asin yang lezat ini cocok disantap dengan nasi putih hangat atau bisa juga sebagai menu pelengkap saat makan siang. Rasanya yang gurih dan kenyal akan membuat lidah kamu bergoyang. Tidak hanya itu, cumi asin juga kaya akan nutrisi. Cumi mengandung protein yang tinggi dan rendah kalori, sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Selain itu, cumi juga mengandung zat besi, fosfor, serta vitamin B12 yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin B12 terutama sangat penting untuk kesehatan sistem saraf dan membantu mencegah anemia.

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi cumi asin dalam jumlah berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Hindari mengonsumsi cumi asin jika kamu memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Nah, itulah resep masak cumi asin yang lezat dan menggugah selera. Selain rasanya yang gurih, cumi asin juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memasak hidangan ini di rumah ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!