cara masak sambal cumi asin

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi resep yang lezat dan menggugah selera, yaitu cara masak sambal cumi asin. Siapa sih yang tidak suka dengan cumi asin? Olahan ini merupakan salah satu hidangan yang paling digemari di Indonesia. Banyak orang yang menyukai cita rasanya yang gurih dan pedas. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, yuk ikuti resep berikut ini!

Sambal cumi asin merupakan hidangan yang cukup unik dan menarik. Cumi asin memiliki rasa yang khas dan bisa menjadi bahan dasar sambal yang enak. Untuk membuatnya, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

1. 300 gram cumi asin2. 5 siung bawang putih, cincang halus3. 10 buah cabai merah keriting, iris tipis4. 5 buah cabai rawit merah, iris tipis (sesuai selera kepedasan)5. 2 buah tomat, potong dadu kecil6. 1 sendok makan gula pasir7. 1 sendok teh garam8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merendam cumi asin dalam air hangat selama kurang lebih 30 menit. Rendaman ini berguna untuk mengurangi kadar garam pada cumi asin. Setelah itu, tiriskan cumi asin dan iris-iris cumi asin menjadi potongan kecil sesuai selera. Jika sudah, panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar.

Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga harum dan agak kecokelatan. Setelah itu, masukkan cabai merah keriting dan cabai rawit merah. Aduk hingga cabai terlihat layu dan matang. Kemudian, masukkan cumi asin yang telah diiris-iris tadi. Aduk-aduk hingga cumi asin tercampur merata dengan bumbu.

Selanjutnya, tambahkan gula pasir dan garam. Aduk kembali hingga semua bumbu tercampur rata dengan cumi asin. Biarkan sambal cumi asin tersebut matang dan meresap selama kurang lebih 10-15 menit. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera kalian. Jika dirasa sudah pas, angkat sambal cumi asin dari wajan.

Sambal cumi asin siap disajikan! Kalian bisa menyantapnya dengan nasi hangat atau sebagai pelengkap menu makanan lainnya, seperti sayur tumis atau ikan bakar. Rasanya yang gurih dan pedas akan membuat hidangan kalian semakin lezat dan menggugah selera.

Selain nikmat untuk disantap langsung, sambal cumi asin juga bisa dijadikan sebagai bumbu tambahan pada berbagai masakan. Misalnya, kalian bisa menambahkannya pada mie goreng, nasi goreng, atau capcay. Dengan tambahan sambal cumi asin, masakan kalian akan memiliki cita rasa yang lebih kaya dan menggoda.

Selamat mencoba resep cara masak sambal cumi asin ini di rumah, Sobat Info Negeri! Selain mudah, resep ini juga akan menghasilkan hidangan yang lezat dan menggugah selera. Jangan lupa untuk berbagi kelezatan sambal cumi asin ini dengan keluarga dan teman-teman kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil!