kue arab

Hello teman-teman, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang kue Arab yang enak dan lezat. Kue Arab memang tidak asing lagi di telinga kita. Kue ini memang terkenal dengan rasa manis yang khas dan tekstur lembutnya yang membuat lidah kita bergoyang. Nah, bagi kalian yang belum mencoba kue Arab, jangan khawatir karena kali ini saya akan membahas mengenai kue Arab yang enak dan lezat. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Asal Usul Kue Arab

Sebelum kita membahas mengenai kue Arab yang enak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu asal usul kue Arab. Kue Arab merupakan makanan khas dari negara-negara Arab seperti Mesir, Suriah, Yaman, dan sebagainya. Setiap negara memiliki ciri khasnya sendiri dalam membuat kue Arab. Namun, pada umumnya kue Arab terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana seperti gula, tepung terigu, susu, dan madu.

Jenis-Jenis Kue Arab yang Enak

1. BaklavaBaklava adalah salah satu kue Arab yang paling terkenal. Kue ini terbuat dari lapisan-lapisan tipis phyllo pastry yang diisi dengan kacang panggang atau walnut yang dicampur dengan gula dan rempah-rempah. Lalu, disiram dengan sirup madu atau gula.2. BasbousaBasbousa adalah kue Arab yang dibuat dari semolina dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Biasanya, kue ini dihiasi dengan almond di atasnya.3. KunafaKunafa adalah kue Arab yang terbuat dari phyllo pastry yang diisi dengan keju dan disiram dengan sirup gula. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.4. QatayefQatayef adalah kue Arab yang biasanya disajikan pada bulan Ramadan. Kue ini terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan kacang atau keju. Lalu, disiram dengan sirup gula atau madu.

Cara Membuat Kue Arab yang Enak

Bagi kalian yang ingin mencoba membuat kue Arab di rumah, berikut adalah cara membuat kue Arab yang enak.1. BaklavaBahan-bahan:- 1 bungkus phyllo pastry- 250 gram kacang panggang, cincang kasar- 150 gram gula pasir- 100 gram mentega, lelehkan- 2 sendok makan air mawar- Air secukupnya- Madu secukupnyaCara membuat:- Campurkan kacang panggang dan gula pasir. Aduk rata.- Siapkan loyang, olesi dengan mentega.- Ambil 1 lembar phyllo pastry, olesi dengan mentega. Lipat menjadi 2.- Letakkan di loyang yang sudah disiapkan.- Lakukan hingga phyllo pastry habis.- Taburi dengan campuran kacang panggang dan gula pasir.- Panggang di oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30 menit.- Setelah matang, siram dengan air mawar dan madu.2. BasbousaBahan-bahan:- 200 gram semolina- 100 gram tepung terigu- 200 gram yoghurt- 200 gram gula pasir- 100 gram mentega, lelehkan- 1 sendok teh baking powder- 1 sendok teh vanili- Almond secukupnyaCara membuat:- Campurkan semua bahan kecuali almond. Aduk rata.- Siapkan loyang, olesi dengan mentega.- Tuang adonan ke dalam loyang.- Taburi almond di atasnya.- Panggang di oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30 menit.3. KunafaBahan-bahan:- 250 gram phyllo pastry- 200 gram keju, parut- 100 gram mentega, lelehkan- 2 sendok makan air mawar- 100 gram gula pasir- Air secukupnyaCara membuat:- Campurkan keju dan mentega. Aduk rata.- Siapkan loyang, olesi dengan mentega.- Ambil 1 lembar phyllo pastry, olesi dengan mentega. Lipat menjadi 2.- Letakkan di loyang yang sudah disiapkan.- Lakukan hingga phyllo pastry habis.- Tuang campuran keju dan mentega di atasnya.- Tutup dengan phyllo pastry.- Panggang di oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30 menit.- Setelah matang, siram dengan air mawar dan sirup gula.

Kesimpulan

Kue Arab memang memiliki rasa yang enak dan lezat. Ada banyak jenis kue Arab yang bisa kalian coba di rumah seperti baklava, basbousa, kunafa, atau qatayef. Dalam membuat kue Arab, kalian bisa memilih bahan-bahan yang sederhana seperti gula, tepung terigu, susu, dan madu. Selamat mencoba!

Jenis Kue Arab Bahan-bahan Cara Membuat
Baklava Phyllo pastry, kacang panggang, gula pasir, mentega, air mawar, air, madu Membuat lapisan phyllo pastry, isi dengan campuran kacang panggang dan gula pasir, panggang di oven, siram dengan air mawar dan madu
Basbousa Semolina, tepung terigu, yoghurt, gula pasir, mentega, baking powder, vanili, almond Campur semua bahan kecuali almond, tuang ke dalam loyang, taburi almond di atasnya, panggang di oven
Kunafa Phyllo pastry, keju, mentega, air mawar, gula pasir, air Membuat lapisan phyllo pastry, isi dengan campuran keju dan mentega, tutup dengan phyllo pastry, panggang di oven, siram dengan air mawar dan sirup gula