Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Agar Mengembang

Hello teman-teman pembaca, apa kabar hari ini? Kita akan belajar cara membuat bolu kukus pelangi agar mengembang dengan sempurna. Bolu kukus pelangi adalah salah satu jenis kue yang saat ini sedang populer. Selain rasanya yang enak, tampilannya yang cantik membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Namun, tidak semua orang berhasil membuat bolu kukus pelangi yang mengembang dengan sempurna. Nah, artikel ini akan memberikan tips bagaimana cara membuat bolu kukus pelangi agar mengembang dengan baik.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum membuat bolu kukus pelangi, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Gula pasir 200 gram
Telur ayam 4 butir
Margarin 100 gram
Susu cair 150 ml
Pewarna makanan Sesuai selera
Baking powder 1 sendok teh
Essens vanila 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat bolu kukus pelangi yang mengembang dengan sempurna.

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat bolu kukus pelangi:

1. Siapkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan

Pastikan bahan-bahan sudah tersedia dan siap digunakan. Selain itu, siapkan juga alat-alat seperti mixer, wadah, loyang, dan pengukur bahan.

2. Ayak tepung terigu dan baking powder

Masukkan tepung terigu dan baking powder ke dalam wadah yang sudah diayak. Aduk rata dengan sendok.

3. Kocok telur dan gula

Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini dapat memakan waktu sekitar 10-15 menit.

4. Tambahkan margarin, susu cair, dan garam

Tambahkan margarin yang telah dilelehkan, susu cair, dan garam ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata dengan mixer.

5. Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder

Tuang campuran tepung terigu dan baking powder secara bertahap ke dalam adonan telur sambil terus diaduk dengan mixer dengan kecepatan rendah. Aduk sampai adonan tercampur rata.

6. Bagi adonan menjadi beberapa bagian

Bagi adonan menjadi beberapa bagian tergantung jumlah warna yang diinginkan.

7. Tambahkan pewarna makanan

Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan. Aduk rata dengan sendok hingga warnanya merata.

8. Olesi loyang dengan margarin

Olesi loyang dengan margarin dan taburi tepung terigu tipis-tipis. Tujuannya agar bolu tidak lengket pada loyang saat sudah matang.

9. Tuang adonan

Tuang adonan pertama ke dalam loyang secara merata. Kemudian tambahkan adonan berikutnya secara bergantian.

10. Kukus adonan

Kukus adonan selama 30-40 menit dengan api sedang. Jangan membuka tutup panci kukusan selama proses pengukusan berlangsung.

11. Tes kematangan bolu

Saat waktu pengukusan sudah berakhir, tes kematangan bolu dengan menusukkan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, artinya bolu sudah matang. Namun, jika masih ada adonan yang menempel di tusuk gigi, tutup kembali tutup panci dan kukus selama beberapa menit lagi.

12. Dinginkan bolu kukus pelangi

Setelah matang, angkat bolu kukus pelangi dari dalam panci kukusan dan biarkan dingin di atas rak pendingin selama beberapa menit.

Tips Membuat Bolu Kukus Pelangi Agar Mengembang dengan Sempurna

Berikut adalah beberapa tips agar bolu kukus pelangi yang Anda buat mengembang dengan sempurna:

1. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat

Langkah ini sangat penting untuk membuat bolu kukus pelangi mengembang dengan sempurna. Jangan terburu-buru dalam mengocok telur dan gula pasir. Aduk hingga adonan mengembang dan berwarna putih pucat.

2. Gunakan margarin yang sudah dilelehkan

Margarin yang sudah dilelehkan akan lebih mudah tercampur dengan adonan telur dan gula pasir. Selain itu, penggunaan margarin yang sudah dilelehkan juga dapat membuat tekstur bolu lebih lembut.

3. Tambahkan baking powder ke dalam tepung terigu

Sebelum mencampurkan tepung terigu ke dalam adonan telur dan gula pasir, pastikan baking powder sudah dicampurkan terlebih dahulu ke dalam tepung terigu yang telah diayak.

4. Jangan terlalu sering membuka tutup panci kukusan

Ketika bolu kukus pelangi sedang dikukus, jangan terlalu sering membuka tutup panci kukusan. Hal ini dapat mempengaruhi suhu dan tekanan dalam panci. Jika suhu dan tekanan tidak stabil, bolu kukus pelangi tidak akan mengembang dengan sempurna.

Kesimpulan

Sekarang teman-teman pembaca sudah tahu cara membuat bolu kukus pelangi agar mengembang dengan sempurna. Meskipun prosesnya terlihat rumit, sebenarnya membuat bolu kukus pelangi tidak sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat bolu kukus pelangi yang enak dan cantik. Selamat mencoba!