cara memasak sayur bening

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang di artikel kali ini yang akan membahas cara memasak sayur bening. Siapa yang tidak suka sayur bening? Makanan yang segar dan menyehatkan ini memang menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat, sayur bening juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Jadi, mari kita simak bersama-sama bagaimana cara memasak sayur bening yang enak dan sehat.

Sebelum kita mulai memasak, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat sayur bening, kita membutuhkan bahan-bahan seperti wortel, kacang polong, jagung manis, bayam, bawang putih, bawang merah, daun salam, garam, dan merica. Selain itu, kita juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, seperti jamur, tahu, atau tempe. Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih sebelum digunakan.

Langkah pertama dalam memasak sayur bening adalah menumis bawang putih dan bawang merah. Panaskan sedikit minyak di dalam wajan, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelah itu, masukkan daun salam dan tumis sebentar hingga aromanya keluar.

Setelah bawang dan daun salam sudah harum, langkah selanjutnya adalah menambahkan air ke dalam wajan. Pastikan airnya cukup untuk merebus semua bahan sayur yang akan dimasak. Tunggu hingga air mendidih, lalu masukkan wortel yang sudah dipotong-potong. Rebus wortel selama beberapa saat hingga sedikit empuk.

Setelah wortel mulai empuk, masukkan kacang polong dan jagung manis ke dalam wajan. Tunggu hingga air kembali mendidih dan kedua bahan tersebut matang. Perhatikan waktu memasaknya agar wortel, kacang polong, dan jagung manis tidak terlalu lembek.

Setelah semua bahan sayur matang, langkah selanjutnya adalah memasukkan bayam ke dalam wajan. Tunggu beberapa saat hingga bayam layu dan matang. Jika ingin sayur bening yang lebihsegar, jangan masak bayam terlalu lama agar warnanya tetap terjaga.

Setelah semua bahan sayur sudah matang, saatnya untuk memberi rasa pada sayur bening kita. Tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan cicipi air rebusan sayur bening untuk memastikan rasanya sudah pas. Jika kurang asin atau kurang pedas, tambahkan garam atau merica sesuai kebutuhan.

Terakhir, angkat sayur bening dari wajan dan letakkan di dalam mangkuk saji. Anda bisa menambahkan irisan bawang merah atau taburan daun seledri untuk memberi hiasan pada sayur bening. Sayur bening siap disajikan dan dinikmati!

Itulah tadi cara memasak sayur bening yang enak dan sehat. Dengan menggunakan bahan-bahan segar dan memasaknya dengan hati, sayur bening bisa menjadi hidangan yang lezat dan bergizi. Selain itu, sayur bening juga merupakan makanan yang rendah kalori dan baik untuk program diet. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!