• Thu. Jul 18th, 2024

cara memasak ikan nila bumbu kuning

BySaputra

Nov 29, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara memasak ikan nila bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera. Bagi pecinta ikan, Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki daging yang lezat dan rendah lemak. Ikan ini sangat populer di Indonesia dan sering dijadikan menu utama dalam berbagai masakan tradisional. Salah satu resep yang sangat terkenal adalah ikan nila bumbu kuning. Penasaran bagaimana cara memasaknya? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Sebelum memasak ikan nila bumbu kuning, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang harus disiapkan antara lain adalah ikan nila segar, bumbu kuning (bisa menggunakan bumbu instan atau membuat sendiri), bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah (sesuai selera), serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, garam, gula, air asam jawa, dan minyak goreng secukupnya. Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai memasak!

Langkah pertama dalam memasak ikan nila bumbu kuning adalah membersihkan ikan nila. Bersihkan ikan dari sisik, insang, dan isi perutnya. Setelah itu, cuci ikan hingga benar-benar bersih. Jangan lupa beri perasan air jeruk nipis pada ikan untuk menghilangkan bau amis yang tidak sedap. Setelah ikan bersih, lumuri ikan dengan sedikit garam dan diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.

Selanjutnya, siapkan bumbu kuning. Jika kamu menggunakan bumbu instan, ikuti petunjuk di kemasan untuk membuat bumbu kuning yang lezat. Namun, jika kamu ingin membuat bumbu kuning sendiri, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, serai, dan lengkuas. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum dan matang.

Setelah bumbu kuning siap, tambahkan daun salam, daun jeruk, garam, gula, dan air asam jawa ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga bumbu kuning matang sempurna. Setelah itu, masukkan ikan nila yang sudah dibersihkan ke dalam tumisan bumbu. Pastikan ikan terendam oleh bumbu kuning.

Setelah ikan ditambahkan, tambahkan air secukupnya agar ikan terendam dan bumbu meresap dengan sempurna. Tutup panci dan biarkan ikan nila bumbu kuning matang dengan api kecil selama kurang lebih 30-40 menit. Jangan lupa sesekali cek keadaan ikan dan tambahkan air jika diperlukan.

Setelah ikan matang, angkat ikan nila bumbu kuning dari panci dan sajikan di atas piring saji. Kamu bisa menambahkan irisan tomat, daun bawang, dan daun seledri sebagai hiasan agar tampilan lebih menarik. Sajikan ikan nila bumbu kuning bersama dengan nasi putih hangat dan sambal terasi untuk menambah cita rasa yang pedas.

Tidak hanya lezat, ikan nila bumbu kuning juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Kandungan protein yang tinggi dalam ikan nila dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, ikan nila juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Nah, itulah cara memasak ikan nila bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di dapurmu sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-temanmu agar mereka juga dapat menikmati hidangan yang lezat ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri!

By Saputra