cara memasak cumi pedas

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang kembali di artikel kulinari kami kali ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak cumi pedas yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan cumi pedas yang renyah dan sedap? Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Sobat Info Negeri akan bisa menikmati hidangan yang lezat ini di rumah sendiri. Yuk, kita mulai!

Langkah pertama yang perlu Sobat Info Negeri lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan:

1. 500 gram cumi segar, bersihkan dan potong-potong sesuai selera.2. 3 siung bawang putih, cincang halus.3. 2 buah cabai merah besar, iris tipis.4. 1 buah cabai hijau besar, iris tipis.5. 1 buah tomat, potong dadu kecil.6. 1 batang daun bawang, iris halus.7. 1 sendok makan saus tiram.8. 1 sendok makan kecap manis.9. 1 sendok makan saus sambal.10. Garam dan merica secukupnya.11. Air secukupnya.12. Minyak goreng secukupnya.

Setelah semua bahan tersedia, Sobat Info Negeri bisa langsung memulai proses memasak. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan cabai merah dan cabai hijau. Aduk rata hingga cabai layu.

Selanjutnya, masukkan cumi yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk merata hingga cumi berubah warna menjadi putih. Tambahkan saus tiram, kecap manis, dan saus sambal. Aduk rata kembali hingga cumi terbalut bumbu dengan baik.

Setelah itu, tambahkan air secukupnya ke dalam wajan. Masak cumi pedas dengan api kecil hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam cumi. Jangan lupa untuk mencicipi rasa dan tambahkan garam serta merica sesuai selera Sobat Info Negeri.

Setelah semua bahan matang dan bumbu meresap, tambahkan potongan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar hingga merata. Matikan api dan cumi pedas siap disajikan!

Cara memasak cumi pedas yang santai ini bisa Sobat Info Negeri nikmati sebagai hidangan utama atau lauk pendamping nasi putih. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan. Selain itu, cumi juga kaya akan nutrisi dan rendah kalori, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai hidangan sehari-hari.

Jika Sobat Info Negeri ingin menambahkan variasi pada hidangan ini, bisa mencoba menambahkan sayuran seperti wortel atau kacang polong. Selain itu, Sobat Info Negeri juga bisa menambahkan bumbu lain sesuai selera, seperti daun jeruk atau serai, untuk memberikan aroma yang lebih segar.

Demikianlah cara memasak cumi pedas yang lezat dan menggugah selera. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Info Negeri bisa membuat hidangan yang lezat ini di rumah dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!