cara masak opor ayam santan kara

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak opor ayam santan kara. Buat Sobat Info Negeri yang suka masak dan ingin mencoba menu baru, opor ayam santan kara bisa menjadi pilihan yang tepat. Opor ayam ini memiliki rasa yang lezat dan aroma yang menggugah selera. Yuk, simak cara pembuatannya!

Opor ayam santan kara merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Aroma kari yang begitu khas dan kuah santan yang gurih membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Untuk membuat opor ayam santan kara, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian2. 400 ml santan kara3. 2 lembar daun salam4. 2 batang serai, memarkan5. 4 lembar daun jeruk6. 4 cm lengkuas, memarkan7. 3 sendok makan minyak untuk menumis8. 2 sendok makan bubuk kari9. 1 sendok teh garam10. 1 sendok makan gula pasir

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang perlu Sobat Info Negeri lakukan adalah menumis bumbu-bumbu. Panaskan minyak dalam wajan dan tumislah daun salam, serai, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum. Tambahkan bubuk kari dan aduk rata. Tunggu sebentar agar bumbu matang sempurna.

Selanjutnya, Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Pastikan ayam terbalur bumbu dengan merata. Masak ayam hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah itu, tuangkan santan kara ke dalam wajan dan aduk perlahan. Tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera.

Biarkan opor ayam santan kara mendidih dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Jangan lupa untuk sesekali memeriksa tekstur ayam agar tidak overcooked atau terlalu matang.

Setelah itu, opor ayam santan kara siap disajikan. Hidangkan opor ayam ini bersama dengan nasi putih hangat dan pelengkap lainnya seperti telur rebus, tahu goreng, dan daun bawang iris sebagai taburan. Rasakan sensasi lezatnya opor ayam santan kara yang pedas, gurih, dan menggugah selera!

Selain enak, opor ayam santan kara juga bisa dijadikan lauk untuk acara spesial seperti lebaran atau perayaan keluarga. Jika Sobat Info Negeri ingin membuat opor ayam santan kara dalam jumlah yang lebih banyak, tinggal sesuaikan saja proporsi bahan-bahannya.

Dengan menggunakan santan kara, opor ayam ini akan memiliki rasa yang lebih kaya dan gurih. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah, karena cara pembuatannya yang sederhana dan bahan-bahannya yang mudah didapat.

Demikianlah cara masak opor ayam santan kara yang dapat Sobat Info Negeri coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba masakan baru. Selamat mencoba dan selamat menikmati opor ayam santan kara yang lezat!