• Wed. Jul 17th, 2024

masak opor ayam

BySaputra

Jul 11, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan siap untuk menikmati artikel kali ini yang akan membahas tentang resep masak opor ayam yang lezat dan menggugah selera. Bagi pecinta masakan Indonesia, opor ayam adalah salah satu hidangan yang tak boleh terlewatkan. Rasanya yang gurih dengan aroma rempah yang khas membuat opor ayam selalu menjadi favorit di setiap acara keluarga maupun acara spesial lainnya. Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak resep opor ayam yang santai ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat opor ayam ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau toko terdekat. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 1 ekor ayam, potong menjadi bagian-bagian sesuai selera2. 2 lembar daun salam3. 2 batang serai, memarkan bagian putihnya4. 5 lembar daun jeruk5. 500 ml santan kental6. 500 ml santan encer7. 4 siung bawang putih, haluskan8. 6 siung bawang merah, haluskan9. 2 cm lengkuas, memarkan10. 2 cm jahe, memarkan11. 1 sendok teh garam12. 1 sendok teh gula pasir13. 1/2 sendok teh merica bubuk14. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan lengkuas, jahe, daun salam, serai, dan daun jeruk. Aduk rata hingga rempah-rempah tercampur dengan baik dan mengeluarkan aroma sedap. Kemudian masukkan potongan ayam ke dalam tumisan tersebut dan aduk hingga ayam berubah warna.

Selanjutnya, tuangkan santan encer ke dalam panci dan masak ayam dengan api kecil hingga ayam menjadi empuk. Jangan lupa untuk terus mengaduk agar santan tidak pecah. Setelah itu, tambahkan santan kental, garam, gula pasir, dan merica bubuk sesuai selera. Masak hingga santan mengental dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Opor ayam yang lezat dan menggugah selera sudah hampir siap disajikan. Aroma harum dari rempah-rempah yang tercium saat memasak pasti membuat kalian tak sabar untuk menyantapnya. Untuk penyajian, opor ayam biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan pelengkap seperti telur rebus, tahu goreng, dan sambal terasi.

Selamat menikmati hidangan opor ayam yang lezat dan nikmat! Jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga dan teman-teman kalian. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu Sobat Info Negeri untuk menciptakan hidangan opor ayam yang sempurna di rumah.

By Saputra