cara masak kerang kupas sederhana

Hello Sobat Info Negeri! Kamu suka masakan laut? Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara masak kerang kupas yang sederhana namun lezat. Kerang kupas adalah salah satu hidangan favorit bagi pecinta seafood. Rasanya yang gurih dan dagingnya yang kenyal membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk disantap bersama keluarga atau teman-teman. Yuk, simak artikel ini sampai selesai agar kamu bisa mencoba memasak kerang kupas sendiri di rumah!

Sebelum kita mulai memasak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Pertama, pastikan kamu membeli kerang kupas yang segar. Carilah kerang dengan cangkang yang utuh dan masih hidup. Jangan gunakan kerang yang sudah mati atau cangkangnya pecah, karena bisa mengganggu cita rasa hidanganmu nantinya. Selain itu, pastikan juga kamu membersihkan kerang dengan baik sebelum dimasak. Bersihkan cangkangnya dari kotoran atau lumpur dengan sikat atau spons yang bersih. Setelah itu, rendam kerang dalam air garam selama beberapa jam agar kotoran atau pasir yang tersisa bisa keluar.

Oke, sekarang kita siap untuk memasak kerang kupas sederhana ini. Berikut adalah resepnya:

Bahan-bahan:- 500 gram kerang kupas- 3 siung bawang putih, cincang halus- 2 batang daun bawang, iris tipis- 1 buah cabai merah besar, iris serong- 2 sendok makan saus tiram- 1 sendok makan kecap manis- 1 sendok teh gula pasir- Garam secukupnya- Minyak goreng secukupnya- Air matang secukupnya

Langkah-langkah:1. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.2. Tumis bawang putih hingga harum dan berubah warna kecokelatan.3. Masukkan cabai merah dan daun bawang, tumis sebentar hingga layu.4. Masukkan kerang kupas ke dalam wajan, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.5. Tambahkan saus tiram, kecap manis, gula pasir, dan sedikit garam. Aduk rata.6. Tuangkan air matang secukupnya agar kerang terendam.7. Tutup wajan dan biarkan kerang matang selama kurang lebih 5-7 menit.8. Koreksi rasa, tambahkan garam atau gula jika diperlukan.9. Setelah itu, angkat kerang dan sajikan dalam piring saji.

Voila! Kerang kupas sederhana siap untuk dinikmati. Kamu bisa menikmatinya langsung dengan nasi hangat atau dicampur dengan mi atau bihun goreng. Jika suka pedas, kamu juga bisa menambahkan cabai rawit atau saus sambal sesuai selera.

Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan tambahan bumbu atau bahan lainnya untuk menambah variasi rasa. Misalnya, kamu bisa menambahkan potongan tomat segar, paprika, atau jagung manis untuk memberikan warna dan rasa yang lebih segar pada hidanganmu.

Selamat mencoba dan menikmati kerang kupas sederhana ini, Sobat Info Negeri! Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba memasak hidangan laut yang lezat di rumah. Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu yang juga pecinta seafood ya. Selamat memasak!