• Fri. Jul 12th, 2024

tumis pakcoy sederhana

BySaputra

Nov 17, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar, semoga hari ini kamu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep tumis pakcoy sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Tumis pakcoy merupakan salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia, terutama bagi pecinta masakan Chinese food. Yuk, mari kita simak cara membuat tumis pakcoy yang sederhana namun lezat ini!

Sebelum memasak tumis pakcoy, pastikan bahan-bahan yang kamu perlukan sudah siap di meja dapur. Beberapa bahan yang perlu kamu sediakan antara lain pakcoy segar, bawang putih, bawang merah, cabai merah (jika suka pedas), saus tiram, kecap manis, garam, kaldu bubuk (optional), minyak sayur, dan air matang. Jika semua bahan sudah tersedia, maka kita bisa mulai memasak tumis pakcoy ini.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci pakcoy dengan bersih. Pastikan semua bagian dari pakcoy terbebas dari kotoran. Setelah itu, tiriskan pakcoy dengan menggunakan saringan atau tisu dapur. Selanjutnya, iris bawang putih, bawang merah, dan cabai merah (jika kamu suka pedas) menjadi potongan kecil-kecil. Bawang putih dan bawang merah dapat digunakan sebagai bumbu dasar tumis pakcoy ini.

Panaskan wajan dengan api sedang dan masukkan minyak sayur secukupnya. Tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris tadi hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah itu, tambahkan cabai merah (jika menggunakan) dan aduk-aduk sebentar. Tambahkan pakcoy yang sudah dicuci dan tiriskan tadi ke dalam wajan. Aduk rata selama beberapa menit hingga pakcoy layu.

Setelah pakcoy layu, tambahkan air matang secukupnya ke dalam wajan. Air matang ini berfungsi untuk mempertahankan kelembutan sayuran dan akan memberikan sedikit rasa gurih pada tumisan pakcoy. Setelah itu, tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, dan kaldu bubuk (jika suka) sesuai dengan selera kamu. Aduk rata semua bahan dan biarkan tumisan pakcoy mendidih sebentar.

Jangan lupa untuk mencicipi tumis pakcoy yang sedang kamu masak! Jika dirasa kurang garam atau bumbu lainnya, kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan selera. Apabila sudah pas dengan selera, matikan api dan angkat tumis pakcoy dari wajan. Sajikan tumis pakcoy dalam piring saji dan kamu bisa menambahkan taburan bawang goreng sebagai hiasan. Tumis pakcoy sederhana yang lezat siap untuk dinikmati!

Tumis pakcoy sederhana ini sangat cocok disantap bersama dengan nasi putih hangat dan lauk-pauk lainnya, seperti ayam goreng atau ikan bakar. Rasanya yang segar dan gurih akan membuat hidangan ini menjadi makanan favorit di meja makanmu. Selain itu, pakcoy juga kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh kita.

Selain itu, resep tumis pakcoy ini juga sangat fleksibel. Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti wortel, jamur, atau tahu sesuai dengan selera dan ketersediaan bahan di dapurmu. Coba kreasikan tumis pakcoy ini dengan berbagai macam variasi dan nikmati hasilnya!

Sekian artikel tentang resep tumis pakcoy sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba masakan Chinese food yang sederhana namun lezat. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memasak, serta menjaga kebersihan dapur agar makanan yang kamu sajikan tetap higienis dan aman untuk dikonsumsi. Selamat mencoba, Sobat Info Negeri!

By Saputra