resep lidah kucing simple

Judul: Resep Lidah Kucing Simple untuk Kamu yang Ingin Mencoba Membuat Sendiri

Memilih Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Hello, teman-teman pembaca setia! Apa kabar nih? Kali ini, saya ingin berbagi resep lidah kucing simple yang pasti akan membuat kamu ketagihan. Siapa sih yang tidak suka camilan manis satu ini? Selain rasanya yang enak, lidah kucing juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk teman atau kerabat. Sebelum memulai membuat lidah kucing, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 100 gram
Gula halus 100 gram
Butter 100 gram
Kuning telur ayam 1 butir
Vanili bubuk 1/4 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Susu bubuk 50 gram
Air es 50 ml

Langkah Pertama Membuat Adonan

Setelah semua bahan sudah tersedia, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat adonan. Caranya, campurkan tepung terigu, gula halus, butter, kuning telur, vanili bubuk, dan garam. Aduk semua bahan hingga tercampur rata menggunakan mixer atau tangan.

Menyiapkan Alat Cetak Lidah Kucing

Setelah adonan sudah tercampur rata, ambil cetakan lidah kucing dan masukkan adonan ke dalamnya. Pastikan cetakan sudah diolesi mentega agar adonan tidak lengket. Setelah itu, rapatkan kedua sisi cetakan dan tekan-tekan agar adonan merata.

Memanggang Adonan

Setelah adonan sudah masuk ke dalam cetakan, langkah selanjutnya adalah memanggang adonan. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 150 derajat Celsius. Kemudian, letakkan cetakan lidah kucing di atas loyang dan panggang selama kurang lebih 15 menit. Pastikan adonan sudah matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, keluarkan dari oven dan biarkan dingin.

Menyiapkan Gula Tabur

Selagi menunggu adonan dingin, persiapkan gula tabur. Caranya, campurkan gula halus dengan susu bubuk. Aduk hingga tercampur rata.

Memberikan Gula Tabur pada Lidah Kucing

Setelah adonan sudah dingin, keluarkan dari cetakan dan gulingkan di atas gula tabur. Pastikan seluruh permukaan adonan tertutup gula tabur. Setelah itu, rapatkan kedua sisi lidah kucing agar gula tabur menempel dengan baik.

Menyimpan Lidah Kucing

Setelah lidah kucing sudah dilapisi gula tabur, letakkan di atas nampan dan biarkan selama beberapa jam hingga gula tabur menempel dengan baik. Setelah itu, simpan di dalam toples atau wadah kedap udara agar lidah kucing tetap renyah.

Ingin Lidah Kucing Berwarna-warni?

Jika kamu ingin membuat lidah kucing berwarna-warni, tambahkan pewarna makanan pada adonan sebelum dimasukkan ke dalam cetakan. Kamu bisa menggunakan pewarna makanan merah, hijau, biru, atau warna lain yang kamu sukai.

Penyimpanan Lidah Kucing

Lidah kucing yang sudah matang bisa disimpan dalam wadah kedap udara selama beberapa minggu. Namun, pastikan lidah kucing sudah benar-benar dingin sebelum disimpan agar tidak lembab dan mengumpul air.

Saran Penyajian Lidah Kucing

Lidah kucing bisa disajikan sebagai camilan ketika sedang santai atau dijadikan oleh-oleh untuk teman atau kerabat. Kamu bisa menyajikan lidah kucing bersama secangkir teh atau kopi agar lebih nikmat.

Kesimpulan

Itulah resep lidah kucing simple yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat lidah kucing sendiri dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Originally posted 2023-06-03 14:29:00.