resep bumbu bistik ayam

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi dengan kalian sebuah resep yang sangat lezat dan mudah untuk dibuat, yaitu resep bumbu bistik ayam.

Bistik ayam adalah salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia. Bumbu yang digunakan dalam bistik ayam ini memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera. Apakah kalian penasaran dengan resepnya? Yuk, langsung saja kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bistik ayam ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 500 gram daging ayam fillet, potong-potong sesuai selera.2. 2 sendok makan kecap manis.3. 1 sendok makan saus tiram.4. 1 sendok teh kecap inggris.5. 2 sendok makan air jeruk nipis.6. 3 siung bawang putih, cincang halus.7. 1 buah bawang bombay, iris tipis.8. 2 buah wortel, iris tipis memanjang.9. 1 buah paprika merah, iris tipis memanjang.10. 1 sendok teh merica bubuk.11. Garam secukupnya.12. Minyak goreng secukupnya.

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai proses pembuatannya. Pertama-tama, mari kita marinasi daging ayam terlebih dahulu. Campurkan daging ayam dengan kecap manis, saus tiram, kecap inggris, air jeruk nipis, bawang putih, merica bubuk, dan sedikit garam. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap dengan baik.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Setelah itu, masukkan potongan daging ayam dan aduk hingga daging berubah warna menjadi kecokelatan. Pastikan daging ayam matang sempurna sebelum melanjutkan langkah berikutnya.

Setelah daging ayam matang, masukkan irisan wortel dan paprika merah ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga sayuran sedikit layu. Jangan terlalu lama memasaknya agar sayuran tetap renyah dan tidak terlalu lembek.

Terakhir, tambahkan sedikit air secukupnya dan aduk rata. Masak hingga sayuran benar-benar matang dan bumbu meresap dengan sempurna. Angkat dan hidangkan bistik ayam ini di atas piring saji.

Bumbu bistik ayam siap untuk dinikmati! Hidangan ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat atau pun roti tawar sebagai pelengkap. Rasakan kelezatannya dan nikmati sensasi cita rasa yang begitu menggoda.

Selain lezat, bistik ayam juga memiliki manfaat gizi yang baik untuk tubuh kita. Daging ayam kaya akan protein, sedangkan sayuran seperti wortel dan paprika mengandung serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan kita. Jadi, dengan menyantap bistik ayam ini, kita dapat memenuhi kebutuhan gizi harian secara seimbang.

Itulah resep bumbu bistik ayam yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga resep ini dapat menjadi inspirasi bagi kalian yang ingin mencoba masakan yang sederhana namun lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi hidangan ini dengan keluarga atau teman terdekat. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri!