masak asem asem daging

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang di artikel kali ini yang akan membahas tentang masakan Indonesia yang lezat dan menggugah selera, yaitu asem- asem daging. Siapa sih yang tak kenal dengan masakan yang satu ini? Asem-asem daging adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang memiliki rasa asam segar yang khas dan tekstur daging yang empuk. Langsung saja, yuk kita bahas lebih dalam mengenai resep dan cara membuat asem-asem daging yang lezat ini.

Asem-asem daging merupakan hidangan yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hidangan ini biasanya terdiri dari potongan daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu tradisional seperti daun jeruk, asam jawa, cabai merah, dan kemangi. Keunikannya terletak pada rasa asam yang segar dan kuah yang gurih. Biasanya asem-asem daging disajikan dengan nasi hangat dan lalapan segar seperti mentimun dan kubis.

Untuk membuat asem-asem daging yang lezat, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:- 500 gram daging sapi, potong-potong sesuai selera- 2 sendok makan minyak goreng- 2 lembar daun jeruk purut- 2 buah cabai merah besar, iris tipis- 2 batang serai, memarkan- 3 lembar daun salam- 3 cm lengkuas, memarkan- 1 sendok makan asam jawa, larutkan dengan sedikit air- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Daun kemangi secukupnya, petik daunnya

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai memasak asem-asem daging. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis daun jeruk purut, cabai merah, serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Kemudian, tambahkan potongan daging sapi dan aduk hingga daging berubah warna. Bumbui dengan garam dan gula secukupnya sesuai selera.

Setelah itu, tuangkan air secukupnya ke dalam wajan. Masak daging dengan api sedang hingga empuk dan kuahnya mengental. Setelah daging matang, tambahkan larutan asam jawa dan aduk rata. Tunggu sebentar hingga kuah mengental dan bumbu meresap ke dalam daging.

Terakhir, masukkan daun kemangi ke dalam asem-asem daging dan aduk hingga layu. Matikan api dan hidangan asem-asem daging siap disajikan. Sajikan asem-asem daging hangat dengan nasi putih dan lalapan segar.

Asem-asem daging adalah hidangan yang sangat nikmat disantap saat makan siang atau makan malam. Rasa asam segar yang berasal dari asam jawa memberikan kelezatan tersendiri pada hidangan ini. Daging sapi yang empuk dan bumbu-bumbu tradisional yang kaya akan rasa membuat asem-asem daging menjadi hidangan yang sulit ditolak oleh siapa pun.

Selain memiliki rasa yang enak, asem-asem daging juga memiliki manfaat kesehatan. Daging sapi yang kaya akan protein dan nutrisi dapat membantu pemulihan otot dan meningkatkan kekebalan tubuh. Bumbu-bumbu seperti daun jeruk purut dan serai juga mengandung antioksidan alami yang baik untuk kesehatan tubuh.

Demikianlah artikel mengenai asem-asem daging yang lezat dan menggugah selera. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Sobat Info Negeri. Selamat mencoba resep asem-asem daging di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta.