• Wed. Jul 17th, 2024

menu hajatan masak sendiri

BySaputra

Dec 2, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Sudahkah kalian merencanakan sebuah hajatan? Jika iya, artikel ini cocok banget untuk kalian! Kali ini, saya akan berbagi informasi seru tentang menu hajatan masak sendiri. Yup, jika kalian ingin menyelenggarakan sebuah acara besar, masak sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa menghemat biaya, kalian juga bisa menyesuaikan menu dengan selera tamu undangan. So, yuk kita simak menu hajatan masak sendiri yang bisa kalian coba!

1. Nasi KebuliNasi kebuli merupakan menu hajatan yang sangat populer di Indonesia. Biasanya, nasi kebuli disajikan dengan daging kambing yang empuk dan aromanya yang menggugah selera. Tidak sulit untuk membuat nasi kebuli ini. Kalian hanya perlu mencampurkan bumbu khusus nasi kebuli dan memasaknya bersama nasi yang sudah direbus. Selain daging kambing, kalian juga bisa menambahkan kismis, almond, dan kurma untuk memberikan rasa khas pada nasi kebuli ini.

2. Ayam Goreng KremesSiapa yang bisa menolak ayam goreng kremes yang renyah dan gurih? Menu hajatan yang satu ini selalu menjadi favorit banyak orang. Untuk membuat ayam goreng kremes, kalian hanya perlu menumis bumbu-bumbu seperti bawang, bawang putih, dan ketumbar hingga harum. Lalu, tambahkan ayam yang sudah dipotong kecil-kecil dan goreng hingga matang. Setelah itu, ayam goreng kremes siap disajikan bersama nasi hangat dan sambal terasi.

3. Sate MaranggiSate maranggi merupakan hidangan khas dari Purwakarta yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan bambu. Untuk membuat sate maranggi, kalian perlu membuat bumbu marinasi yang terdiri dari bawang putih, jahe, serai, dan ketumbar. Setelah itu, rendam daging sapi dalam bumbu tersebut selama beberapa jam agar rasanya meresap. Kemudian, tusuk daging sapi tersebut dengan bambu dan panggang hingga matang. Sajikan sate maranggi bersama bumbu kacang dan lontong hangat!

4. Pecel LeleJika kalian ingin menyajikan hidangan yang ringan tapi tetap menyenangkan, pecel lele bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk membuat pecel lele, kalian perlu menggoreng ikan lele hingga garing dan matang. Sajikan ikan lele goreng tersebut bersama nasi hangat, lalapan, dan sambal pecel yang pedas. Jangan lupa tambahkan kerupuk sebagai pelengkap agar hidangan ini semakin lezat.

5. Es CampurTentu saja, acara hajatan tidak lengkap tanpa hidangan penutup yang menyegarkan. Es campur adalah salah satu hidangan penutup yang bisa kalian sajikan. Tambahkan bermacam-macam buah seperti alpukat, nangka, kelapa muda, cincau, dan sirup untuk menciptakan es campur yang lezat dan berwarna-warni. Jangan lupa tambahkan es serut agar hidangan ini semakin segar.

Nah, itulah beberapa menu hajatan masak sendiri yang bisa kalian coba. Pastikan kalian memilih menu yang sesuai dengan selera tamu undangan. Selamat mencoba dan semoga acara hajatan kalian sukses dan menyenangkan! Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman kalian yang juga sedang merencanakan hajatan. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

By Saputra