masak kikil cabe ijo

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang lezat dan menggugah selera, yaitu “masak kikil cabe ijo”. Siapkan diri kalian untuk menjelajahi cita rasa pedas dan gurih yang menggoda lidah!

Kikil cabe ijo adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Hidangan ini terkenal dengan rasa pedasnya yang segar dan aroma rempah khas. Kikil sendiri adalah bagian dari tulang sapi yang memiliki tekstur kenyal dan empuk.

Bahan utama yang diperlukan untuk masak kikil cabe ijo antara lain adalah 500 gram kikil sapi, 5 buah cabai hijau besar, 4 siung bawang putih, 3 buah tomat hijau, 2 lembar daun salam, 2 batang serai, 1 ruas lengkuas, 1 batang daun bawang, 1 sendok makan garam, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh kaldu bubuk, dan minyak goreng secukupnya.

Pertama-tama, bersihkan kikil sapi dengan air hingga bersih. Kemudian, rebus kikil sapi dalam air mendidih selama sekitar 30 menit hingga empuk. Setelah itu, tiriskan kikil sapi dan potong-potong sesuai selera. Sisihkan sebentar.

Selanjutnya, haluskan cabai hijau, bawang putih, dan tomat hijau dalam blender atau ulek dengan menggunakan cobek. Tumis bumbu halus yang telah dihasilkan tadi dalam minyak goreng panas hingga harum dan matang.

Tambahkan daun salam, serai yang telah dimemarkan, lengkuas yang telah dimemarkan, dan potongan kikil sapi ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga kikil sapi terendam oleh bumbu yang meresap ke dalamnya.

Setelah itu, tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk semuanya hingga merata dan biarkan bumbu meresap ke dalam kikil sapi selama beberapa menit. Jika dirasa perlu, tambahkan air secukupnya agar kuah lebih banyak.

Masak kikil cabe ijo dengan api sedang hingga bumbu meresap ke dalam daging dan kuahnya mengental. Jika kamu menginginkan rasa yang lebih gurih, kamu bisa menambahkan sedikit santan ke dalam masakan ini.

Setelah kikil cabe ijo matang, angkat dan sajikan dalam piring saji. Hidangan ini cocok dinikmati dengan nasi putih hangat dan pelengkap lain seperti irisan timun atau kerupuk. Rasakan sensasi pedas dan gurih yang memanjakan lidah kamu!

Selain rasanya yang lezat, kikil cabe ijo juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kikil sendiri merupakan sumber kolagen alami yang baik untuk kesehatan kulit dan persendian. Selain itu, cabai hijau juga mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan mengolah kikil sapi menjadi hidangan lezat seperti kikil cabe ijo, kita dapat mencoba berbagai variasi masakan yang berbeda. Selain itu, masakan ini juga cocok untuk acara keluarga atau teman-teman karena rasanya yang enak dan menggugah selera.

Sebelum kita akhiri artikel ini, jangan lupa untuk mencoba resep masakan kikil cabe ijo di rumah ya, Sobat Info Negeri! Semoga artikel ini dapat membantu dan menginspirasi kalian untuk menciptakan hidangan lezat di dapur. Selamat memasak dan selamat menikmati!