masak kering tempe

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu resep masakan yang praktis dan lezat, yaitu “masak kering tempe”. Mungkin tempe sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan protein dan serat. Nah, kali ini kita akan mencoba memasak tempe dengan cara yang berbeda, yaitu mengolahnya menjadi masakan kering yang gurih dan nikmat. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Masak kering tempe adalah salah satu cara menyajikan tempe yang berbeda dari biasanya. Biasanya, tempe diolah menjadi masakan berkuah seperti tahu dan tempe bacem, atau digoreng menjadi tahu dan tempe goreng. Namun, masak kering tempe memiliki cita rasa yang khas dan tentunya akan menjadi alternatif yang menarik untuk hidangan sehari-hari.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masak kering tempe ini tidak terlalu banyak dan mudah ditemukan di pasaran. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

– 300 gram tempe, potong-potong sesuai selera- 3 siung bawang putih, cincang halus- 2 siung bawang merah, cincang halus- 2 cabai merah, iris tipis (sesuai selera tingkat kepedasan)- 2 lembar daun salam- 2 lembar daun jeruk- 1 ruas lengkuas, geprek- 1 batang serai, geprek- 2 sendok makan kecap manis- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tempe

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa langsung memulai proses memasak masak kering tempe ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng potongan tempe hingga kuning kecokelatan dan kering. Angkat dan tiriskan tempe dari minyak.

2. Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan baru. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai hingga harum dan bawang-bawang layu.

3. Masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu yang sudah ditumis.

4. Tambahkan kecap manis, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan tempe matang sempurna.

5. Angkat dan sajikan masak kering tempe dalam piring saji. Hidangan ini bisa menjadi lauk pendamping nasi putih hangat atau bisa juga dijadikan sebagai kudapan untuk menemani secangkir teh atau kopi.

Itulah resep sederhana untuk membuat masak kering tempe yang lezat dan nikmat. Dalam waktu yang relatif singkat, kita bisa menyajikan hidangan yang menggugah selera. Selain rasanya yang enak, masak kering tempe juga dapat menjadi alternatif bagi kita yang ingin mengonsumsi protein nabati dengan cara yang berbeda.

Selain praktis dalam penyajiannya, masak kering tempe juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Tempe yang menjadi bahan utama dalam hidangan ini merupakan sumber protein nabati yang baik dan kaya serat. Protein nabati dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh, terutama bagi mereka yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan. Sedangkan serat dapat membantu menjaga pencernaan agar tetap sehat.

Selain itu, tempe juga mengandung vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, dan fosfor yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Jadi, masak kering tempe bukan hanya lezat, tetapi juga memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Demikianlah artikel tentang masak kering tempe ini. Semoga resep sederhana ini dapat menjadi tambahan variasi hidangan sehari-hari di rumah dan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Selamat mencoba!