cumi tumis pedas

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua sedang dalam keadaan baik dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi resep masakan yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu “cumi tumis pedas”. Siapa yang tidak suka dengan cumi? Hidangan ini sangat populer di Indonesia, terutama di daerah pesisir yang kaya akan hasil laut.

Cumi tumis pedas adalah hidangan laut yang cocok untuk kalian yang menyukai makanan pedas. Rasanya yang gurih, pedas, dan sedikit manis membuat hidangan ini sangat menggugah selera. Cumi yang digunakan dalam resep ini adalah cumi segar yang memiliki tekstur kenyal dan lezat. Kombinasi sempurna antara bumbu pedas dan cumi segar akan menciptakan sensasi yang luar biasa di lidah kita.

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kalian sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah resep cumi tumis pedas yang bisa kalian coba di rumah:

Bahan-bahan:- 500 gram cumi segar, bersihkan dan potong-potong- 3 siung bawang putih, cincang halus- 2 buah cabai merah besar, iris tipis- 1 buah cabai rawit merah, iris serong- 1 buah bawang bombay, iris tipis- 2 buah tomat, potong dadu- 1 sendok makan saus tiram- 1 sendok makan kecap manis- 1 sendok makan saus sambal- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- Minyak sayur secukupnya untuk menumis

Langkah-langkah:1. Siapkan wajan dan panaskan minyak sayur di atas api sedang.2. Tumis bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit merah hingga harum.3. Tambahkan bawang bombay dan tomat, tumis hingga layu.4. Masukkan cumi yang sudah dipotong-potong, aduk rata dengan bumbu.5. Tuangkan saus tiram, kecap manis, dan saus sambal ke dalam wajan, aduk hingga merata.6. Bumbui dengan garam dan merica bubuk, aduk rata.7. Masak cumi hingga matang dan kuah sedikit mengental.8. Angkat cumi tumis pedas dan sajikan selagi hangat.

Selain enak, cumi tumis pedas juga bisa menjadi makanan yang sehat dan bergizi. Cumi mengandung protein yang tinggi, rendah lemak, serta mengandung zat besi dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Makanan pedas juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu proses pembakaran lemak.

Selain itu, cumi tumis pedas juga bisa disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi goreng sebagai lauk yang menggugah selera. Kombinasi antara nasi dan cumi tumis pedas akan menciptakan hidangan yang lezat dan nikmat. Jangan lupa untuk menyajikan hidangan ini dengan irisan lemon atau jeruk nipis segar untuk memberikan aroma yang segar dan menyegarkan selera.

Nah, itulah resep cumi tumis pedas yang bisa kalian coba di rumah. Selamat mencoba dan rasakan sensasi pedasnya yang menggugah selera! Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencoba masakan baru. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Info Negeri!