cara membuat serundeng daging tahan lama

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat serundeng daging yang tahan lama. Siapa yang tidak suka dengan serundeng daging, hidangan gurih yang menggugah selera? Serundeng daging adalah hidangan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan kemudian dikeringkan bersama bumbu-bumbu khas Indonesia. Nah, jika kalian ingin memiliki serundeng daging yang tahan lama dan bisa dinikmati kapan saja, yuk simak cara membuatnya berikut ini!

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan serundeng daging yang tahan lama ini. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kalian siapkan:

1. 500 gram daging sapi, pilih bagian yang tidak terlalu berlemak agar serundengnya lebih renyah2. 4 siung bawang putih, haluskan3. 5 butir bawang merah, haluskan4. 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan5. 5 lembar daun jeruk, iris tipis6. 2 lembar daun salam7. 2 cm lengkuas, memarkan8. 3 cm jahe, memarkan9. 2 sdm ketumbar, sangrai dan haluskan10. 1 sdt merica bubuk11. 4 sdm air asam jawa12. 3 sdm gula merah, sisir halus13. Garam secukupnya

Setelah semua bahan siap, mari kita mulai membuat serundeng daging yang tahan lama ini. Pertama-tama, potong-potong daging sapi menjadi irisan tipis dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. Kemudian, marinasi daging dengan menggunakan bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica bubuk, dan air asam jawa. Biarkan selama 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging.

Selanjutnya, panaskan wajan dengan api sedang dan tambahkan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu yang telah dihaluskan seperti bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian, tambahkan lengkuas, jahe, serai, daun jeruk, dan daun salam. Aduk rata dan biarkan bumbu matang.

Setelah bumbu matang, masukkan daging sapi yang telah dimarinasi ke dalam wajan. Aduk rata hingga daging berubah warna dan matang. Setelah itu, tambahkan gula merah sisir dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan daging dan bumbu meresap selama beberapa menit.

Selanjutnya, kurangi api menjadi kecil dan masak daging hingga kekeringan. Pastikan semua bumbu meresap sempurna pada daging. Jika sudah kering dan bumbu sudah meresap, matikan api dan biarkan serundeng daging dingin.

Setelah serundeng daging dingin, kalian bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara atau plastik makanan yang rapat. Pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam wadah, sehingga serundeng daging bisa bertahan lebih lama. Simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa memiliki serundeng daging yang tahan lama dan enak. Serundeng daging ini bisa menjadi tambahan hidangan yang lezat untuk hidangan nasi atau lontong. Selain itu, serundeng daging juga bisa dijadikan camilan yang nikmat untuk menemani waktu santai bersama keluarga.

Dalam menyajikan serundeng daging, kalian juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, seperti kelapa parut sangrai, kacang tanah goreng, atau bawang goreng. Hal ini akan memberikan tambahan cita rasa yang lebih nikmat pada serundeng daging.

Nah, itulah cara membuat serundeng daging yang tahan lama. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih hemat, membuat serundeng daging sendiri juga bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing. Selamat mencoba dan semoga berhasil!