Cara Membuat Pastel Renyah yang Gurih dan Mudah

Hello, teman-teman yang gemar memasak! Kali ini saya ingin berbagi resep yang mudah dan praktis untuk membuat pastel renyah yang gurih. Pastel adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia dan mudah ditemukan di toko-toko kue atau warung makanan. Namun, tahukah kamu bahwa membuat pastel sendiri di rumah juga bisa sangat mudah? Yuk simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

Bahan Jumlah
Tepung Terigu 200 gram
Minyak Goreng 50 ml
Air Dingin 100 ml
Telur 1 butir
Garam 1/2 sendok teh
Minyak Goreng (untuk menggoreng) secukupnya
Bahan Isi (daging ayam/giling, wortel, kentang, bawang merah, bawang putih) secukupnya

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pastel. Untuk adonan pastel, campurkan tepung terigu, minyak goreng, telur, air dingin, dan garam dalam sebuah mangkuk. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Setelah itu, uleni adonan hingga kalis dan lembut. Kemudian, tutup adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama 30 menit hingga adonan istirahat dan mengembang. Sementara itu, siapkan bahan isi yang ingin digunakan. Untuk bahan isi, kamu bisa menggunakan daging ayam/giling, wortel, kentang, bawang merah, bawang putih sesuai selera. Potong semua bahan isi menjadi ukuran kecil dan tumis hingga setengah matang. Taburi sedikit garam dan merica untuk memberikan rasa.

Selanjutnya, ambil adonan pastel yang telah mengembang dan bagi menjadi beberapa bagian. Bulatkan adonan dan giling dengan rolling pin hingga tipis. Setelah itu, potong adonan menjadi ukuran yang diinginkan untuk membuat pastel. Letakkan bahan isi di atas adonan yang telah dipotong dan rapatkan. Gunakan garpu untuk menekan pinggiran adonan agar pastel tidak mudah pecah. Lakukan langkah yang sama untuk adonan dan bahan isi yang tersisa hingga habis.

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga benar-benar panas. Goreng pastel hingga berwarna kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan dari minyak. Pastel siap disajikan dan dinikmati!

Kesimpulan

Itulah cara mudah dan praktis untuk membuat pastel renyah yang gurih di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat pastel sendiri di rumah. Selamat mencoba!