Cara Membuat Nagasari Tepung Beras

Hello teman-teman, kali ini saya akan membagikan resep nagasari tepung beras yang lezat dan mudah untuk dibuat. Nagasari adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan parutan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang. Rasanya manis dan gurih, cocok untuk dinikmati sebagai camilan di siang hari atau sebagai hidangan penutup setelah makan. Yuk, simak cara membuat nagasari tepung beras berikut ini!

Bahan-bahan:

Bahan Jumlah
Tepung beras 250 gram
Gula pasir 150 gram
Santan kental 500 ml
Garam 1/2 sendok teh
Daun pandan 2 lembar
Parutan kelapa 200 gram
Daun pisang secukupnya

1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat nagasari tepung beras. Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih dan disiapkan di satu tempat agar lebih mudah saat proses pembuatan.

2. Setelah itu, campur tepung beras dengan sedikit air dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan santan kental sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi halus dan tidak bergerindil.

3. Setelah adonan halus, tambahkan garam dan daun pandan yang sudah dipotong-potong. Aduk kembali hingga rata dan biarkan selama 30 menit agar adonan menjadi lebih mengembang.

4. Sementara itu, siapkan kelapa parut yang sudah dicampur dengan sedikit garam. Panaskan wajan dan tumis kelapa parut hingga harum dan matang. Angkat dan sisihkan.

5. Setelah 30 menit, adonan nagasari sudah siap untuk dibentuk. Ambil selembar daun pisang, letakkan di atas tangan, dan beri sedikit adonan tepung beras di tengahnya. Beri juga kelapa parut yang sudah ditumis tadi di atas adonan.

6. Lipat daun pisang sehingga adonan tertutup rata dan rapat. Lakukan hal yang sama untuk adonan yang lain.

7. Setelah semua adonan sudah dibungkus dengan daun pisang, kukus nagasari selama 20-25 menit atau hingga matang. Jangan membuka penutup panci saat proses pengukusan agar nagasari tidak cepat kempes.

8. Setelah matang, angkat nagasari dari panci dan biarkan dingin sebentar. Setelah dingin, nagasari tepung beras siap untuk disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Kesimpulan

Itulah cara membuat nagasari tepung beras yang lezat dan mudah untuk dibuat. Jangan ragu untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah dan nikmati rasanya yang manis dan gurih. Selamat mencoba!