Cara Membuat Keripik Bawang Ukuran 1 kg

Hello, teman-teman pembaca setia! Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat keripik bawang yang lezat dan gurih dengan berat 1 kg. Sebelum memulai, mari persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

No Nama Bahan Jumlah
1 Bawang Merah 1 kg
2 Tepung Tapioka 300 gram
3 Tepung Terigu 200 gram
4 Garam 1 sendok makan
5 Gula Pasir 1 sendok makan
6 Air 500 ml
7 Minyak Goreng Secukupnya

1. Siapkan bawang merah sebanyak 1 kg. Kupas kulitnya, cuci bersih dan iris tipis-tipis menggunakan mandolin atau pisau yang tajam. Jangan terlalu tipis karena akan membuat keripik mudah hancur.

2. Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu ke dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata.

3. Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam campuran tepung. Aduk kembali hingga tercampur rata.

4. Tambahkan air ke dalam campuran tepung sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tepung tercampur rata dan memiliki tekstur yang agak kental.

5. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tunggu hingga minyak goreng panas.

6. Celupkan irisan bawang ke dalam adonan tepung. Pastikan setiap potongan bawang terlapisi adonan tepung secara merata.

7. Goreng irisan bawang yang telah dilapisi tepung ke dalam minyak yang sudah panas. Goreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan dan terlihat renyah. Jangan terlalu banyak memasukkan irisan bawang ke dalam wajan sekaligus karena dapat membuat minyak goreng menjadi dingin dan membuat keripik menjadi lembek. Goreng secara bertahap dengan jumlah sedikit-sedikit.

8. Angkat keripik bawang dari wajan dan tiriskan minyaknya menggunakan saringan atau wadah yang ditutupi dengan tissue kertas.

9. Ulangi langkah 6-8 hingga semua irisan bawang habis digoreng.

10. Setelah semua keripik bawang telah digoreng dan ditiriskan, masukkan ke dalam wadah dan biarkan dingin selama beberapa menit.

11. Keripik bawang siap disajikan. Nikmati dengan keluarga atau teman-teman Anda.

Tips dan Trik

1. Gunakan minyak goreng yang segar dan bersih untuk menghindari keripik bawang yang berbau tengik atau terlalu berminyak.

2. Pastikan irisan bawang terlapisi tepung secara merata agar hasil keripik bawang lebih lezat dan gurih.

3. Jangan terlalu banyak menggoreng irisan bawang dalam satu waktu untuk menghindari minyak goreng yang dingin dan membuat keripik bawang menjadi lembek.

4. Jangan lupa untuk mengaduk adonan tepung secara merata agar tercampur dengan baik dan menghasilkan tekstur yang kental dan lembut.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat keripik bawang ukuran 1 kg yang lezat dan gurih. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Originally posted 2023-05-20 14:53:00.