cara masak tumis kacang panjang

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara masak tumis kacang panjang yang lezat dan mudah untuk kamu coba di rumah. Tumis kacang panjang merupakan salah satu menu masakan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan segar membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk menemani hidangan utama. Yuk, simak cara masak tumis kacang panjang berikut ini!

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu memiliki bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat tumis kacang panjang, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

1. Kacang panjang segar (sekitar 250 gram)2. Bawang merah (3 butir)3. Bawang putih (2 siung)4. Cabai merah besar (1 buah)5. Cabai rawit (sesuai selera)6. Garam (secukupnya)7. Gula pasir (secukupnya)8. Kecap manis (2 sendok makan)9. Minyak goreng (secukupnya)

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan kacang panjang. Cuci kacang panjang dengan air mengalir dan potong-potong sesuai selera. Jangan lupa untuk menghilangkan ujung kacang panjang yang keras ya. Setelah itu, iris bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit.

Siapkan wajan anti lengket dan panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai merah besar dan cabai rawit, aduk rata selama beberapa saat. Jika kamu menyukai makanan pedas, kamu dapat menambahkan lebih banyak cabai rawit sesuai dengan selera.

Setelah itu, masukkan potongan kacang panjang ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis kacang panjang hingga setengah matang. Jangan terlalu lama menggoreng kacang panjang agar tetap memiliki kekenyalan dan rasa segar.

Tambahkan garam, gula pasir, dan kecap manis ke dalam tumisan kacang panjang. Aduk rata dan masak hingga kacang panjang matang sempurna. Pastikan rasa garam dan gula sudah pas sesuai dengan selera. Jika perlu, kamu bisa menambahkan bumbu lain seperti saus tiram atau kecap asin untuk memberikan rasa yang lebih kaya.

Tumis kacang panjang siap disajikan! Kamu bisa menikmatinya sebagai lauk pendamping nasi putih hangat atau sebagai tambahan dalam menu makan siang atau malam. Tumis kacang panjang ini sangat cocok dipadukan dengan ikan atau ayam goreng. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan topping berupa bawang goreng untuk memberikan tampilan dan rasa yang lebih menarik.

Selain enak, tumis kacang panjang juga sangat bergizi. Kacang panjang mengandung serat yang tinggi, vitamin C, vitamin A, dan zat besi. Dengan mengonsumsi tumis kacang panjang secara teratur, kamu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah anemia.

Selamat mencoba resep tumis kacang panjang ini di rumah, Sobat Info Negeri! Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi kamu yang ingin mencoba menu masakan yang sederhana namun lezat. Jangan takut untuk bereksperimen dengan bumbu dan bahan lain yang sesuai dengan selera kamu. Selamat memasak dan selamat menikmati hidanganmu!