cara masak sayur nangka

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak sayur nangka. Sayur nangka, atau juga dikenal dengan nama goriang, merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik membuatnya menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya enak, sayur nangka juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Jadi, jika kalian belum pernah mencoba masak sayur nangka, yuk kita simak cara membuatnya!

Sebelum kita memulai proses memasak sayur nangka, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu. Pertama-tama, kita butuh bahan-bahan untuk membuat sayur nangka ini. Berikut adalah daftar bahan yang perlu disiapkan:

1. Nangka muda secukupnya2. Santan kental 200 ml3. Bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, lengkuas) secukupnya4. Daun salam dan serai secukupnya5. Gula secukupnya6. Garam secukupnya7. Air secukupnya8. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan sudah siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan nangka muda. Kupas kulit nangka, lalu potong-potong sesuai dengan selera. Jika ada biji yang besar, sebaiknya buang saja karena biji nangka dapat membuat tekstur sayur menjadi tidak enak.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan lengkuas) hingga harum. Pastikan bumbu benar-benar matang agar menghasilkan rasa yang enak pada sayur nangka.

Setelah bumbu matang, masukkan daun salam dan serai ke dalam wajan. Aduk-aduk sebentar agar aroma daun salam dan serai meresap ke dalam bumbu. Kemudian, masukkan potongan nangka muda ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu.

Setelah nangka tercampur dengan bumbu, tuangkan santan kental ke dalam wajan. Aduk-aduk perlahan agar santan merata dan bumbu serta rasa meresap ke dalam nangka. Tambahkan sedikit air untuk memperbanyak kuah sayur nangka.

Selanjutnya, tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai dengan selera. Aduk kembali sayur nangka agar bumbu dan rasa tercampur dengan sempurna. Biarkan sayur nangka mendidih dan masak hingga nangka benar-benar empuk.

Setelah sayur nangka matang dan nangka sudah empuk, cobalah koreksi rasa. Jika masih kurang gurih, tambahkan sedikit gula atau garam sesuai dengan selera kalian. Namun, ingatlah untuk tidak menambahkan garam terlalu banyak agar rasa sayur nangka tetap lezat.

Setelah rasanya sudah pas, matikan api dan sayur nangka siap disajikan. Tuangkan sayur nangka ke dalam mangkuk saji dan hidangkan selagi masih hangat. Sayur nangka yang lezat dan gurih siap untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Tidak hanya enak, sayur nangka juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Nangka mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta kaya akan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sayur nangka juga mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Nah, itu tadi adalah cara masak sayur nangka yang lezat dan bergizi. Tidak sulit, bukan? Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan langkah-langkah yang sederhana, kita bisa menikmati makanan yang sehat dan enak. Jadi, jangan ragu untuk mencoba masak sayur nangka di rumah ya, Sobat Info Negeri!

Sekian artikel tentang cara masak sayur nangka ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba membuat sayur nangka sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!