cara masak sapo tahu

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Kali ini, kita akan membahas tentang cara masak sapo tahu yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Tahu yang lembut, saus yang gurih, dan beragam bahan pelengkap membuat sapo tahu menjadi hidangan yang populer di lidah masyarakat Indonesia. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba membuat sapo tahu sendiri di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sebelum kita mulai, pastikan kita sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Untuk membuat sapo tahu, kita membutuhkan tahu putih yang segar, udang, jamur, ayam fillet, sayuran seperti wortel dan buncis, serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, saus tiram, kecap asin, dan minyak wijen. Selain itu, jangan lupa menyiapkan kaldu ayam dan maizena untuk memberikan rasa gurih pada kuah sapo tahu kita.

Pertama-tama, kita akan mempersiapkan bahan-bahan yang perlu diolah lebih dulu. Pertama, kupas dan iris wortel menjadi bentuk korek api. Kemudian, potong buncis menjadi potongan kecil-kecil. Setelah itu, siapkan tahu putih yang telah dipotong dadu-dadu kecil. Jangan lupa juga untuk membersihkan udang dan memotong ayam fillet menjadi irisan tipis.

Setelah semua bahan telah siap, kita bisa mulai memasak sapo tahu. Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan udang dan ayam fillet, lalu aduk-aduk hingga udang berubah warna menjadi merah dan ayam matang sempurna.

Setelah itu, masukkan jamur, wortel, dan buncis ke dalam wajan. Lanjutkan dengan menambahkan kaldu ayam secukupnya untuk memberikan rasa gurih pada kuah sapo tahu kita. Tunggu hingga semua bahan matang dengan baik.

Setelah bahan-bahan matang, saatnya kita menambahkan tahu ke dalam wajan. Aduk-aduk perlahan agar tahu tidak hancur. Setelah itu, berikan saus tiram dan kecap asin secukupnya untuk memberikan cita rasa khas pada sapo tahu kita. Aduk rata dan biarkan kuah sapo tahu mendidih.

Saat kuah sapo tahu mendidih, larutkan maizena dengan sedikit air dalam mangkuk kecil. Tuangkan larutan maizena ke dalam wajan dan aduk rata. Biarkan kuah sapo tahu kembali mendidih hingga mengental.

Setelah kuah sapo tahu mengental, artinya hidangan kita hampir siap disantap. Cicipi kuah sapo tahu untuk memastikan rasa dan keasinannya sudah sesuai dengan selera kita. Jika masih kurang asin, tambahkan sedikit garam secukupnya.

Setelah semua bahan matang dan rasa kuah sudah pas, matikan api dan siapkan piring saji. Tuangkan sapo tahu ke dalam piring dan taburi dengan daun bawang cincang sebagai hiasan. Sapu tahu siap disajikan!

Sapo tahu yang lezat dan menggugah selera pun siap untuk dinikmati. Hidangan ini sangat cocok disajikan sebagai menu utama di rumah ataupun saat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Jangan lupa sajikan dengan nasi putih hangat sebagai pelengkapnya.

Nah, itulah cara masak sapo tahu yang mudah dan praktis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa membuat hidangan ini di rumah dengan cepat dan tanpa kesulitan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!