cara masak rendang daging

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kamu selalu baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak rendang daging yang lezat dan menggugah selera. Rendang merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat terkenal di seluruh dunia. Rasanya yang gurih, pedas, dan lezat membuat rendang menjadi makanan favorit banyak orang. Jadi, jika kamu ingin mencoba masak rendang daging yang sempurna, yuk ikuti resep berikut ini!

Sebelum kita mulai memasak, ada baiknya jika kita mempersiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam resep rendang daging ini:

1. 1 kg daging sapi (pilihlah daging yang baik, seperti daging has dalam atau daging tetelan)2. 5 buah cabai merah besar (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)3. 10 buah cabai rawit merah (jika kamu ingin rendang yang lebih pedas)4. 10 siung bawang merah5. 5 siung bawang putih6. 3 batang serai (memarkan bagian putihnya)7. 4 lembar daun jeruk purut8. 3 lembar daun kunyit (jika tidak ada, bisa diganti dengan kunyit bubuk)9. 3 cm lengkuas (memarkan)10. 3 cm jahe (memarkan)11. 2 sdm gula merah (parut)12. 1 liter santan kelapa (ambil bagian kentalnya)13. Minyak goreng secukupnya14. Garam secukupnya

Setelah bahan-bahan siap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong daging sapi sesuai dengan selera kamu. Jika kamu suka dengan potongan daging yang besar, potonglah daging dengan ukuran yang lebih besar. Namun, jika kamu lebih suka dengan potongan yang kecil, potonglah daging dengan ukuran yang lebih kecil. Setelah itu, cuci bersih daging sapi dengan air mengalir dan tiriskan.

Selanjutnya, blender bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit merah hingga halus. Jika kamu tidak menyukai makanan pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum. Kemudian, masukkan daging sapi yang telah dipotong tadi ke dalam tumisan bumbu tersebut. Aduk rata dan masak hingga daging berubah warna.

Setelah itu, tambahkan serai, daun jeruk purut, daun kunyit, lengkuas, jahe, dan gula merah parut ke dalam panci. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga aroma rempah meresap ke dalam daging sapi. Setelah itu, tuangkan santan kelapa ke dalam panci dan aduk rata. Tambahkan garam secukupnya untuk memberi rasa pada rendang daging ini.

Selanjutnya, masak rendang daging dengan api kecil dan tutup panci. Biarkan rendang daging ini mendidih dan santan meresap ke dalam daging sapi. Setelah itu, buka tutup panci dan aduk rendang daging dengan perlahan. Masak rendang daging ini dengan api kecil hingga santan kelapa mengering dan bumbu meresap sepenuhnya ke dalam daging sapi.

Proses memasak rendang daging ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 2-3 jam. Namun, kesabaranmu akan terbayar dengan cita rasa rendang yang luar biasa lezat. Jika kamu ingin mendapatkan rendang yang lebih empuk dan lezat, kamu bisa melanjutkan memasaknya dengan api sangat kecil selama beberapa jam lagi. Hal ini akan membuat rendang daging menjadi semakin lezat dan nikmat.

Setelah rendang daging matang, angkat dari panci dan tiriskan. Diamkan sejenak hingga rendang daging agak dingin. Kemudian, potong rendang daging menjadi potongan-potongan untuk lebih mempermudah saat menyantapnya. Rendang daging siap disajikan dengan nasi hangat dan acar mentimun.

Itulah sobat, cara masak rendang daging yang lezat dan menggugah selera. Semoga resep ini bisa menjadi panduanmu dalam memasak rendang daging yang sempurna. Jangan lupa untuk menyesap rendang daging ini dengan lahap dan nikmat. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat yang satu ini!