resep bumbu rendang daging sapi

Hello Sobat Info Negeri! Gimana kabarnya hari ini? Semoga baik ya! Kali ini kita akan membahas mengenai resep bumbu rendang daging sapi yang lezat dan enak. Rendang adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat terkenal, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Rasanya yang gurih dan pedas membuat rendang menjadi favorit banyak orang. Nah, jika Sobat Info Negeri ingin mencoba membuat rendang daging sapi sendiri di rumah, yuk simak resepnya berikut ini!

Sebelum memulai, ada beberapa bahan yang perlu Sobat Info Negeri siapkan untuk membuat rendang daging sapi ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

1. 500 gram daging sapi (pilih yang bagian daging yang berlemak, agar rendang lebih enak dan lezat)2. 5 lembar daun jeruk3. 3 batang serai, memarkan4. 4 lembar daun salam5. 2 buah asam kandis (jika tidak ada, bisa digantikan dengan asam jawa)6. 2 liter santan kental7. Minyak goreng secukupnya untuk menumis8. Garam secukupnya untuk menyesuaikan rasa

Setelah semua bahan siap, berikut adalah langkah-langkah membuat rendang daging sapi yang enak:

1. Pertama-tama, potong-potong daging sapi menjadi ukuran yang diinginkan. Pastikan daging sudah bersih dari lemak yang berlebihan.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang besar dan tumis bumbu rendang. Bumbu rendang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, jahe, cabai merah, dan cabai rawit. Tumis bumbu hingga harum dan matang.3. Masukkan potongan daging sapi ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu rendang. Tambahkan daun jeruk, daun salam, serai, dan asam kandis. Aduk rata kembali.4. Tuangkan santan kental ke dalam wajan dan masak dengan api kecil. Aduk perlahan agar santan tidak pecah.5. Biarkan rendang mendidih dan santan menyusut. Setelah itu, kecilkan api dan masak rendang dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap sempurna. Ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.6. Jika rendang sudah matang, tambahkan garam secukupnya untuk menyesuaikan rasa. Aduk rata dan masak rendang selama beberapa menit lagi agar bumbu meresap dengan sempurna.7. Setelah semua proses memasak selesai, rendang daging sapi siap disajikan. Sajikan rendang dengan nasi putih hangat dan lalapan agar rasanya semakin nikmat.

Nah, itulah resep bumbu rendang daging sapi yang dapat Sobat Info Negeri coba di rumah. Selamat mencoba ya! Jangan lupa untuk menyimpan sisa rendang di dalam kulkas agar bisa dinikmati lebih lama. Rendang juga bisa menjadi hidangan spesial untuk acara keluarga atau reuni bersama teman-teman. Selamat menikmati rendang daging sapi yang lezat dan enak!

Sekian artikel kali ini mengenai resep bumbu rendang daging sapi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Sobat Info Negeri dalam memasak rendang di rumah. Jika ada pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Selamat mencoba dan selamat menikmati rendang daging sapi yang lezat!