• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak pepes ayam

BySaputra

Jan 23, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Sudahkah kalian mencoba masak pepes ayam? Bagi pecinta kuliner, pepes ayam adalah salah satu hidangan yang sangat lezat dan menggugah selera. Pepes ayam merupakan makanan tradisional Indonesia yang populer di berbagai daerah. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara masak pepes ayam yang mudah dan praktis. Yuk, simak terus pembahasan ini!

Sebelum kita memasak pepes ayam, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan. Bahan-bahan ini umumnya mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

1. Daging ayam: Pilihlah ayam yang segar dan berkualitas baik. Potong ayam menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera.2. Bumbu halus: Untuk bumbu halus, siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, cabai rawit (sesuai selera), kunyit, jahe, lengkuas, dan garam secukupnya.3. Daun pisang: Gunakan daun pisang sebagai bungkus pepes agar aromanya semakin harum.

Setelah semua bahan sudah siap, kita bisa mulai memasak pepes ayam. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama, haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan tadi. Gunakan blender atau cobek dan uleg untuk menghaluskannya. Tambahkan garam secukupnya.

2. Setelah bumbu halus siap, campurkan dengan potongan daging ayam. Aduk rata hingga bumbu merata menyerap ke dalam daging ayam.

3. Ambil selembar daun pisang, letakkan campuran daging ayam dan bumbu di atasnya. Lipat daun pisang menjadi bungkusan pepes, pastikan untuk menutup rapat agar tidak bocor saat dipanggang.

4. Siapkan panci kukusan, panaskan air di dalamnya. Setelah air mendidih, letakkan bungkusan pepes ayam di dalam kukusan. Tutup panci rapat-rapat dan biarkan pepes matang selama kurang lebih 30-40 menit.

5. Setelah matang, angkat pepes ayam dari kukusan. Buka bungkus daun pisangnya dan sajikan pepes ayam di atas piring.

Pepes ayam siap disantap! Hidangan ini bisa disajikan bersama nasi hangat dan sambal untuk menambah cita rasa. Selain itu, pepes ayam juga cocok dijadikan hidangan utama saat makan bersama keluarga atau teman-teman.

Tidak hanya lezat, pepes ayam juga memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh kita. Daging ayam mengandung protein tinggi yang berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta menjaga kesehatan otot. Selain itu, rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan lengkuas yang digunakan dalam bumbu pepes ayam juga memiliki manfaat kesehatan, seperti antiinflamasi dan antioksidan.

Tentunya, dengan menggunakan bahan-bahan alami dan proses memasak yang sederhana, pepes ayam menjadi makanan yang sehat dan lezat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah ya, Sobat Info Negeri!

Demikianlah artikel tentang cara masak pepes ayam yang mudah dan praktis. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan bisa menginspirasi kalian untuk mencoba memasak pepes ayam sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan yang lezat ini. Terima kasih telah membaca!

By Saputra