cara masak ikan patin bumbu kuning

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ikan patin bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia. Rasanya yang lembut dan dagingnya yang tidak terlalu berduri membuat ikan patin menjadi pilihan favorit banyak orang. Nah, jika kamu ingin mencoba membuat hidangan ikan patin yang nikmat dengan bumbu kuning, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Sebelum kita mulai proses memasak ikan patin dengan bumbu kuning, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan antara lain:

1. Ikan patin segar secukupnya2. Bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri) secukupnya3. Daun jeruk purut secukupnya4. Sereh yang telah dimemarkan5. Daun salam secukupnya6. Air asam jawa secukupnya7. Garam dan gula secukupnya8. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan telah disiapkan, kita dapat mulai memasak ikan patin dengan bumbu kuning yang lezat. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasak ikan patin bumbu kuning:

Langkah pertama, cuci bersih ikan patin dengan air mengalir. Pastikan ikan patin yang digunakan segar dan tidak berbau amis. Setelah itu, lumuri ikan patin dengan air jeruk nipis dan garam, kemudian diamkan selama beberapa menit agar bau amisnya hilang.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan kemiri) hingga harum dan matang.

Setelah itu, masukkan daun jeruk purut, daun salam, dan sereh yang telah dimemarkan ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan tumisan bumbu tersebut matang sempurna.

Setelah bumbu matang, tambahkan air asam jawa secukupnya ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan air asam jawa mendidih.

Setelah air asam jawa mendidih, tambahkan air secukupnya dan aduk rata. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera. Biarkan bumbu kuning ini mendidih.

Selanjutnya, masukkan ikan patin yang telah dibersihkan tadi ke dalam bumbu kuning yang sudah mendidih. Pastikan ikan terendam seluruhnya dalam bumbu kuning agar bumbu meresap dengan sempurna. Tutup wajan dan biarkan ikan matang dengan api kecil.

Masak ikan patin tersebut selama kurang lebih 20-30 menit atau hingga ikan patin matang sempurna dan bumbu kuning meresap ke dalam daging ikan. Sesekali, balik ikan agar matang merata.

Setelah ikan patin matang, angkat dan sajikan di atas piring saji. Taburi dengan irisan daun bawang atau daun seledri untuk memberikan aroma segar pada hidangan ini.

Taraaa! Hidangan ikan patin bumbu kuning siap disajikan. Ikan patin yang empuk dipadu dengan aroma harum dari bumbu kuningnya akan menjadi hidangan yang menggugah selera. Kamu dapat menyantap ikan patin bumbu kuning ini bersama dengan nasi putih hangat dan sayur-sayuran favoritmu.

Itulah cara masak ikan patin bumbu kuning yang lezat dan mudah untuk kamu coba di rumah. Selain rasanya yang enak, hidangan ini juga dapat menjadi pilihan yang sehat karena ikan patin memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak. Selamat mencoba dan semoga berhasil!