• Wed. Jul 17th, 2024

cara masak gurita

BySaputra

Nov 21, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Di artikel kali ini, kita akan membahas cara masak gurita yang lezat dan menggugah selera. Gurita adalah hewan laut yang memiliki daging yang kenyal dan rasanya sangat enak. Tidak hanya itu, gurita juga kaya akan nutrisi dan rendah lemak, sehingga cocok untuk menjadi pilihan makanan yang sehat. Jadi, jika kalian penasaran dan ingin mencoba masak gurita sendiri di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sebelum kita memulai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli gurita. Pastikan kalian memilih gurita yang segar dan berkualitas. Ciri-ciri gurita segar adalah tubuh yang kenyal, kulit yang basah, serta mata yang terang dan tidak keruh. Selain itu, pilihlah gurita yang sudah bersih dan terbebas dari kerak atau kotoran. Dengan memilih gurita yang baik, kita dapat memastikan hasil masakan gurita yang lezat.

Setelah memilih gurita yang tepat, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkannya dengan benar. Cuci gurita dengan air bersih dan garam untuk menghilangkan lendir yang menempel pada kulitnya. Setelah itu, bersihkan kantung dan kepala gurita dengan hati-hati. Jika kalian ingin menghilangkan bau amis pada gurita, rendam gurita dalam air jeruk nipis atau air asam selama beberapa menit sebelum dicuci.

Setelah membersihkan gurita, langkah selanjutnya adalah merebusnya. Siapkan panci besar dan isi dengan air secukupnya. Tambahkan daun salam, serai, dan jahe untuk memberikan aroma yang sedap pada gurita. Didihkan air hingga mengeluarkan aroma yang harum, kemudian masukkan gurita kedalam panci. Rebus gurita selama kurang lebih 45 menit atau sampai dagingnya empuk dan kenyal.

Setelah gurita matang, angkat gurita dari panci dan tiriskan. Jika kalian ingin mengolah gurita menjadi hidangan yang lebih beragam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan membuat gurita bakar. Lumuri gurita dengan campuran bumbu seperti kecap manis, bawang putih, dan jahe. Panggang gurita di atas bara api atau panggangan hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sajikan dengan nasi putih hangat atau lalapan segar untuk mendapatkan sensasi makan yang lebih nikmat.

Selain itu, kalian juga bisa mengolah gurita menjadi hidangan oseng-oseng yang lezat. Potong gurita menjadi bagian kecil dan tumis dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Tambahkan saus tiram, gula, dan garam secukupnya untuk memberikan rasa yang gurih dan sedap. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam daging gurita. Hidangkan oseng-oseng gurita bersama nasi panas sebagai menu makan siang atau makan malam yang menggugah selera.

Tentunya, masih banyak cara lain yang bisa kalian coba untuk mengolah gurita. Kalian dapat menggoreng gurita, membuat sate gurita, atau mencampurnya dalam masakan mie atau nasi goreng. Kreativitas dalam memasak adalah kunci untuk menciptakan hidangan gurita yang unik dan lezat.

Selain rasanya yang enak, gurita juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daging gurita kaya akan protein, zat besi, dan vitamin B12. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tubuh, terutama dalam pembentukan sel darah merah dan fungsi syaraf yang baik. Selain itu, gurita juga rendah lemak dan kolesterol, sehingga cocok untuk menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi.

Nah, itulah beberapa cara masak gurita yang bisa kalian coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat membuat hidangan gurita yang lezat dan menggugah selera. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli gurita segar dan coba resep-resep di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra