brownies tanpa telur

Hello, teman-teman pecinta makanan! Kali ini kita akan membahas tentang brownies tanpa telur. Seperti yang kita tahu, telur adalah bahan utama dalam pembuatan brownies. Tapi bagi sebagian orang, telur bisa menjadi bahan yang sulit diproses karena alergi atau intoleransi. Jangan khawatir, brownies tanpa telur tetap bisa dibuat dengan hasil yang lezat. Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Brownies Tanpa Telur?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang resep brownies tanpa telur, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa ada yang memilih brownies tanpa telur. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat memicu alergi pada beberapa orang. Selain itu, ada juga yang memiliki intoleransi terhadap telur. Oleh karena itu, brownies tanpa telur menjadi alternatif yang cocok untuk mereka yang memiliki masalah tersebut.

Bahan-bahan Pembuatan Brownies Tanpa Telur

Untuk membuat brownies tanpa telur, tentu saja bahan utama yang harus diganti adalah telur. Sebagai pengganti telur, kita bisa menggunakan bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah Fungsi
Susu cair 150 ml Sebagai pengganti kelembaban dari telur
Soda kue 1 sdt Sebagai pengganti fungsi pengembang dari telur
Cuka sari apel 1 sdm Sebagai pengganti fungsi pengikat dari telur

Selain itu, bahan-bahan lain yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, gula pasir, coklat bubuk, mentega, dan vanili. Pastikan juga kamu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Membuat Brownies Tanpa Telur

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan, berikut langkah-langkah cara membuat brownies tanpa telur:1. Siapkan loyang brownies dan olesi dengan mentega atau margarin.2. Campurkan susu cair, soda kue, dan cuka sari apel dalam satu wadah dan aduk hingga rata. Biarkan selama 5 menit hingga tercampur sempurna.3. Dalam wadah terpisah, campurkan tepung terigu, gula pasir, coklat bubuk, dan vanili. Aduk hingga tercampur rata.4. Masukkan campuran susu cair ke dalam campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.5. Tambahkan mentega yang sudah dicairkan ke dalam adonan dan aduk lagi hingga rata.6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan tadi.7. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat Celsius selama 25-30 menit atau hingga matang.8. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum dipotong dan disajikan.

Tips Membuat Brownies Tanpa Telur yang Lezat

Agar brownies tanpa telur yang kamu buat menjadi lezat, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan:1. Pastikan semua bahan yang digunakan berkualitas dan segar.2. Jangan terlalu sering membuka oven saat memanggang brownies agar proses pemanggangan tidak terganggu.3. Biarkan brownies dingin sejenak sebelum dipotong agar tidak mudah hancur.4. Kamu bisa menambahkan kacang atau choco chips untuk memberi variasi pada brownies tanpa telur yang kamu buat.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai brownies tanpa telur yang bisa kamu coba di rumah. Meskipun tanpa telur, tapi brownies ini tetap lezat dan cocok untuk kamu yang memiliki masalah alergi atau intoleransi terhadap telur. Jangan lupa untuk mengikuti tips-tips yang sudah dibahas agar brownies yang kamu buat menjadi lebih lezat. Selamat mencoba!