Resep Bolu Gulung Keju

Hello, teman-teman pembaca setia! Kali ini, saya ingin berbagi resep bolu gulung keju yang pasti akan membuat lidah kalian bergoyang. Siapa sih yang tidak suka dengan bolu gulung? Kue yang satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dan keju? Siapa yang tak suka keju? Nah, gabungkan kedua bahan tersebut, maka akan tercipta sensasi rasa yang luar biasa. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 100 gram
Keju parut 50 gram
Gula pasir 100 gram
Telur 4 butir
Mentega cair 50 ml
Vanili bubuk 1/4 sendok teh
Baking powder 1/2 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Pewarna makanan (optional) secukupnya

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti yang tertera di atas. Pastikan semua bahan sudah siap dan ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau.

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan mixer atau whisker.

2. Setelah telur dan gula pasir mengembang, tambahkan vanili bubuk dan garam ke dalam kocokan telur. Aduk rata.

3. Campurkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur secara bertahap sambil diayak. Aduk perlahan hingga tercampur rata.

4. Masukkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk rata. Kemudian, tambahkan keju parut dan aduk hingga merata.

5. Jika ingin memberikan warna pada adonan, tambahkan pewarna makanan sesuai selera.

6. Siapkan loyang persegi panjang yang sudah diolesi margarin atau mentega tipis-tipis. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.

7. Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius selama 15-20 menit. Jangan lupa untuk memeriksa kematangan adonan dengan mencobanya menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, artinya bolu gulung sudah matang.

8. Ambil bolu gulung dari oven dan letakkan di atas loyang yang sudah dialasi kain bersih dan tipis. Gulung adonan bolu menggunakan kain tersebut hingga membentuk gulungan.

9. Dinginkan bolu gulung keju terlebih dahulu sebelum dipotong-potong dan dihidangkan.

Tips:

* Jangan terlalu lama mengaduk adonan setelah tepung terigu ditambahkan, hal ini dapat membuat adonan menjadi bergerindil.

* Pastikan oven dalam keadaan panas sebelum memanggang adonan. Hal ini dapat memastikan kematangan adonan secara merata.

* Untuk memberikan sensasi rasa yang lebih, tambahkan keju parut yang lebih banyak pada adonan.

Kesimpulan

Nah, itulah resep bolu gulung keju yang dapat kalian coba di rumah. Kue yang satu ini sangat cocok dihidangkan saat bersantai bersama keluarga atau teman-teman. Selain rasanya yang lezat, bolu gulung keju ini juga terlihat cantik dan menarik. Selamat mencoba!