Bake Kue Bawang yang Renyah dan Lezat

Hello teman-teman, hari ini saya akan membagikan resep kue bawang yang enak dan mudah dibuat di rumah. Kue bawang adalah camilan yang sangat populer di Indonesia, terutama saat acara-acara spesial atau sebagai camilan di sore hari. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai membuat kue bawang yang lezat dan renyah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Pertama-tama, mari kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bawang. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Bawang bombay cincang halus 3 buah
Tepung beras 50 gram
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Gula pasir 2 sendok makan
Minyak goreng secukupnya

Semua bahan ini dapat dengan mudah ditemukan di toko bahan makanan terdekat. Pastikan untuk membeli bahan berkualitas untuk menghasilkan kue bawang yang enak dan lezat.

Cara Membuat Kue Bawang

Setelah semua bahan siap, mari kita mulai membuat kue bawang. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, merica bubuk, dan gula pasir dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata.
  2. Tambahkan bawang bombay yang sudah dicincang halus ke dalam campuran tepung. Aduk rata hingga bawang tercampur dengan tepung.
  3. Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung. Aduk rata hingga adonan menjadi kental dan lengket.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memulai menggoreng.
  5. Ambil sejumput adonan dengan sendok. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil atau sesuai selera. Letakkan bola-bola adonan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Goreng hingga kue berwarna kuning kecoklatan dan matang, sekitar 2-3 menit.
  6. Angkat kue bawang yang sudah matang dari wajan. Tiriskan dengan menggunakan tisu atau kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih.
  7. Ulangi proses menggoreng hingga semua adonan habis.
  8. Kue bawang siap disajikan. Nikmati camilan ini dengan kopi atau teh hangat.

Tips Membuat Kue Bawang yang Lezat

Agar kue bawang yang Anda buat menjadi lezat dan renyah, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  • Pastikan adonan kue bawang cukup kental dan lengket untuk membantu bola-bola adonan menempel satu sama lain dan tidak hancur saat digoreng.
  • Panaskan minyak goreng dengan api sedang hingga cukup panas sebelum memulai menggoreng. Hal ini akan membantu kue bawang matang dengan sempurna dan renyah.
  • Gunakan bawang bombay yang segar dan berkualitas untuk menghasilkan rasa yang lezat dan aromatik.
  • Tambahkan bahan-bahan lain seperti ketumbar, daun bawang, atau bubuk kaldu ayam untuk memberikan variasi rasa pada kue bawang.

Kesimpulan

Bagaimana, mudah bukan membuat kue bawang yang lezat dan renyah? Dengan bahan-bahan sederhana dan proses yang mudah diikuti, Anda dapat membuat camilan yang enak dan lezat untuk disajikan kepada keluarga atau teman. Selamat mencoba dan semoga berhasil!