tumis udang buncis

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga hari-harimu selalu cerah dan penuh kebahagiaan ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu masakan favorit banyak orang, yaitu tumis udang buncis. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Udang yang lezat dipadu dengan aroma harum buncis, benar-benar membuat lidah bergoyang dan selera terpenuhi. Yuk, mari kita simak resep dan cara membuat tumis udang buncis yang lezat ini!

Sebelum kita masuk ke dalam resep lengkapnya, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang bahan-bahan yang kita butuhkan. Untuk membuat tumis udang buncis, tentu saja kita membutuhkan udang segar dan buncis yang masih renyah. Selain itu, kita juga membutuhkan beberapa bumbu dan rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, saus tiram, kecap manis, garam, dan lada. Jika kamu suka dengan rasa pedas, kamu dapat menambahkan cabai rawit sesuai selera ya!

Untuk memulai proses memasak tumis udang buncis ini, pertama-tama kita harus membersihkan udang terlebih dahulu. Cuci udang dengan air bersih dan kupas kulitnya, namun jangan lupa untuk membiarkan ekornya tetap utuh. Setelah itu, cuci buncis dengan air mengalir dan potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil sesuai selera. Jika kamu tidak suka dengan bijinya, kamu dapat menghilangkan biji buncis tersebut sebelum memasak.

Setelah semua bahan sudah siap, kita dapat mulai memasak tumis udang buncis ini. Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai merah yang sudah diiris tipis dan masak hingga cabai layu. Kemudian, tambahkan udang yang sudah dibersihkan tadi dan aduk rata dengan bumbu tumis. Tunggu hingga udang berubah warna menjadi merah muda dan matang sempurna.

Selanjutnya, masukkan potongan buncis ke dalam wajan dan aduk rata dengan udang. Tambahkan sedikit air untuk mempermudah proses pemasakan dan masak hingga buncis menjadi lunak namun tetap renyah. Jangan lupa untuk menambahkan saus tiram, kecap manis, garam, dan lada sesuai dengan selera kamu. Aduk merata dan biarkan bumbu dan rempah menyerap sempurna ke dalam tumisan udang dan buncis.

Setelah semua bahan matang dan bumbu meresap, tumis udang buncis siap disajikan. Kamu dapat menyajikannya sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Tumis udang buncis ini juga cocok dihidangkan bersama dengan mie atau nasi goreng. Tambahkan sedikit taburan bawang merah goreng untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan tambahan aroma yang menggugah selera.

Selain lezat dan menggugah selera, tumis udang buncis juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Buncis kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh. Udang juga mengandung protein tinggi dan rendah lemak, sehingga sangat baik untuk kesehatan otot dan membantu menjaga berat badan kita.

Nah, itulah artikel singkat mengenai tumis udang buncis yang lezat dan menggugah selera. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan baru untuk kamu dalam memasak menu yang berbeda. Selamat mencoba resep tumis udang buncis di rumah ya, Sobat Info Negeri!