tumis tempe buncis

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan sehat. Kali ini, kami akan mengajak kalian untuk menyajikan hidangan lezat yang tidak hanya enak, tetapi juga sehat. Yuk, kita bahas tentang salah satu hidangan favorit, yaitu tumis tempe buncis!

Tumis tempe buncis merupakan salah satu hidangan yang sering dijumpai di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, tumis tempe buncis juga sangat mudah dan praktis untuk dibuat. Apakah kalian tertarik untuk belajar cara membuatnya? Jika iya, simak terus artikel ini!

Sebelum kita masuk ke dalam resepnya, mari kita bahas terlebih dahulu manfaat dari tumis tempe buncis ini. Tempe, sebagai bahan utama tumis ini, merupakan sumber protein nabati yang kaya akan serat dan rendah lemak jenuh. Protein nabati yang terkandung dalam tempe juga dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh dan menjaga kesehatan otot. Selain itu, tempe juga mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin B kompleks.

Selain tempe, buncis juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting. Buncis kaya akan serat, vitamin C, vitamin K, dan folat. Serat dalam buncis dapat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit. Vitamin C dalam buncis berperan sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin K dalam buncis berperan penting dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. Sedangkan folat dalam buncis sangat penting bagi ibu hamil untuk perkembangan janin yang sehat.

Setelah mengetahui manfaat dari tumis tempe buncis, mari kita bahas cara membuatnya. Berikut adalah resep tumis tempe buncis yang simpel dan lezat:

Bahan-bahan:1. 200 gram tempe, potong dadu2. 200 gram buncis, potong-potong3. 2 siung bawang putih, cincang halus4. 1 buah bawang bombay, iris tipis5. 2 buah cabai merah, iris serong (sesuai selera kepedasan)6. 2 sendok makan kecap manis7. 1 sendok makan saus tiram8. Garam secukupnya9. Merica secukupnya10. Minyak untuk menumis

Cara membuat:1. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.2. Masukkan tempe, aduk hingga tempe berubah warna menjadi kecokelatan.3. Tambahkan buncis dan cabai merah, aduk rata.4. Tuangkan kecap manis dan saus tiram, aduk hingga merata.5. Tambahkan garam dan merica secukupnya, aduk kembali.6. Tumis hingga buncis matang tetapi masih renyah.7. Angkat dan sajikan tumis tempe buncis hangat dengan nasi putih.

Itulah resep sederhana untuk membuat tumis tempe buncis yang lezat dan sehat. Selain mudah untuk dibuat, hidangan ini juga cocok untuk berbagai kesempatan, baik makan siang ataupun makan malam. Tumis tempe buncis juga dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mengurangi konsumsi daging tanpa mengurangi asupan protein.

Selamat mencoba resep tumis tempe buncis ini di dapur kalian sendiri. Jangan lupa untuk berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi dalam memasak. Selamat menikmati hidangan tumis tempe buncis yang lezat dan sehat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Info Negeri!