• Thu. Jul 18th, 2024

tumis tahu kuning

BySaputra

Dec 10, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Terima kasih sudah berkunjung ke sini. Kali ini kita akan membahas tentang resep tumis tahu kuning yang lezat dan mudah untuk disajikan di rumah. Tumis tahu kuning adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuatnya menjadi hidangan favorit banyak orang. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk tumis tahu kuning ini cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah daftar bahan yang perlu disiapkan:

1. 250 gram tahu, potong kotak2. 1 buah wortel, potong serong tipis3. 1 batang daun bawang, iris tipis4. 3 buah cabai merah besar, iris serong5. 3 buah cabai hijau besar, iris serong6. 4 siung bawang putih, cincang halus7. 3 siung bawang merah, cincang halus8. 1 sendok teh terasi, sangrai sebentar9. 2 sendok makan kecap manis10. 1 sendok makan saus tiram11. Garam secukupnya12. Minyak goreng untuk menumis

Setelah semua bahan sudah siap, mari kita mulai memasak tumis tahu kuning ini. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Jika sudah, tambahkan terasi yang sudah disangrai sebentar dan aduk rata.

Kemudian, masukkan cabai merah dan cabai hijau yang sudah diiris serong ke dalam wajan. Tumis sebentar hingga cabai layu dan mengeluarkan aroma harum. Agar tumis tahu kuning ini memiliki rasa yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera.

Selanjutnya, tambahkan wortel yang sudah dipotong serong ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis sebentar hingga wortel sedikit lunak. Jika kamu menginginkan wortel yang lebih empuk, kamu bisa menambahkan sedikit air dan memasaknya hingga matang.

Setelah itu, masukkan tahu yang sudah dipotong kotak ke dalam wajan. Aduk perlahan agar tahu tidak hancur dan tercampur dengan bumbu tumis kuning. Tambahkan kecap manis, saus tiram, dan garam secukupnya. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Biarkan tumisan tahu kuning ini matang selama beberapa menit hingga semua bahan meresap dan rasa bumbu terasa. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera pribadi. Jika kamu menyukai rasa yang lebih asin, kamu bisa menambahkan sedikit garam. Jika kamu menyukai pedas, tambahkan cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

Setelah matang, angkat tumisan tahu kuning dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Taburi tumisan dengan daun bawang iris sebagai hiasan. Tumis tahu kuning siap dinikmati bersama nasi putih hangat.

Tumis tahu kuning ini cocok disajikan sebagai hidangan utama di rumah. Rasa gurih, sedikit pedas, dan aroma harum yang dihasilkan oleh bumbu tumis kuning membuatnya menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera. Kamu juga bisa menambahkan sayuran lain seperti kacang panjang atau paprika sesuai dengan selera pribadi.

Selain itu, tumis tahu kuning ini juga merupakan hidangan yang sehat karena mengandung banyak protein dari tahu dan serat dari wortel. Tahu sendiri adalah sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Nah, itulah resep tumis tahu kuning yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi hidangan ini dengan keluarga dan teman-teman terdekatmu. Selamat menikmati makanan lezat dan bergizi!

By Saputra