• Thu. Jul 18th, 2024

tumis kerang hijau

BySaputra

Dec 25, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga semua dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sebuah hidangan yang lezat dan menggugah selera, yaitu “tumis kerang hijau”. Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Rasanya yang gurih, segar, dan lezat membuat tumis kerang hijau menjadi hidangan favorit banyak orang.

Tumis kerang hijau adalah hidangan seafood yang sangat populer di Indonesia. Kerang hijau yang digunakan dalam hidangan ini memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang unik. Biasanya, kerang hijau digunakan dalam berbagai masakan seperti sup, bakar, atau goreng. Namun, tumis kerang hijau adalah salah satu cara yang paling sederhana dan lezat untuk menikmati hidangan ini.

Untuk membuat tumis kerang hijau yang lezat, tentu ada bahan-bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan dalam resep ini adalah kerang hijau segar, bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun bawang, saus tiram, kecap manis, minyak wijen, garam, dan merica. Bahan-bahan ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat.

Langkah pertama dalam membuat tumis kerang hijau adalah membersihkan kerang hijau dengan baik. Pastikan kerang hijau yang digunakan masih segar dan mengkilap. Setelah dibersihkan, tiriskan kerang hijau dan sisihkan. Kemudian, siapkan bahan-bahan lain seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan daun bawang. Iris bahan-bahan tersebut dengan ukuran yang sesuai dengan selera.

Setelah itu, panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah hingga harum. Tambahkan kerang hijau dan aduk rata. Setelah itu, tambahkan saus tiram, kecap manis, minyak wijen, garam, dan merica. Aduk rata dan masak hingga kerang hijau matang sempurna. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera Anda.

Tumis kerang hijau siap disajikan! Anda dapat menambahkan daun bawang sebagai garnish untuk memberikan sentuhan segar pada hidangan ini. Sajikan tumis kerang hijau hangat bersama dengan nasi putih atau nasi goreng sebagai menu utama. Anda juga dapat menambahkan sambal atau acar sebagai pelengkap untuk memberikan cita rasa lebih pada hidangan ini.

Selain enak dan lezat, tumis kerang hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kerang hijau mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otot. Selain itu, kerang hijau juga kaya akan zat besi, kalsium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kerang hijau juga mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Dengan begitu banyak manfaat yang dimiliki, tidak ada alasan untuk tidak mencoba membuat tumis kerang hijau di rumah. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga sehat dan bergizi. Segera cobalah resep ini dan nikmati kelezatan tumis kerang hijau bersama keluarga tercinta.

Demikianlah artikel tentang tumis kerang hijau yang enak dan lezat ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Sobat Info Negeri yang sedang mencari hidangan seafood yang menarik. Selamat mencoba resep tumis kerang hijau dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

By Saputra