• Sun. Jul 14th, 2024

tumis kacang panjang wortel

BySaputra

Jan 7, 2024

Hello, Sobat Info Negeri! Salam hangat untuk kalian semua. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep tumis kacang panjang wortel yang lezat dan mudah untuk disiapkan. Tumis kacang panjang wortel adalah salah satu hidangan sayuran yang enak dan bergizi. Cocok untuk menjadi menu sehari-hari, baik itu untuk makan siang atau makan malam. Jadi, mari kita simak resepnya!

Sebelum kita masuk ke dalam resep, ada baiknya kita mengenal lebih dekat bahan-bahan utama yang akan kita gunakan. Kacang panjang adalah jenis sayuran yang memiliki bentuk panjang dan ramping. Sayuran ini kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C. Sedangkan wortel adalah sayuran yang memiliki warna oranye yang kaya akan vitamin A dan serat. Kombinasi kacang panjang dan wortel dalam tumisan ini akan memberikan rasa yang segar dan tekstur yang renyah.

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat tumis kacang panjang wortel:

– 200 gram kacang panjang, potong-potong- 2 buah wortel, iris tipis- 2 siung bawang putih, cincang halus- 1 buah bawang bombay, iris tipis- 1 buah cabai merah besar, iris serong (opsional)- 2 sendok makan saus tiram- 1 sendok makan kecap manis- Garam secukupnya- Merica bubuk secukupnya- Minyak sayur untuk menumis

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak sayur dalam wajan yang telah dipanaskan. Tumis hingga harum dan bawang bombay menjadi layu. Kemudian, tambahkan cabai merah (jika menggunakan) dan tumis sebentar hingga cabai layu.

Setelah itu, masukkan potongan kacang panjang dan wortel ke dalam wajan. Tambahkan saus tiram dan kecap manis. Aduk rata hingga bumbu merata ke seluruh sayuran. Tambahkan sedikit air jika diperlukan. Tutup wajan dan biarkan sayuran matang dalam api sedang. Aduk sesekali agar tumisan tidak gosong.

Setelah sekitar 5-7 menit, cek kelembutan kacang panjang dan wortel. Jika sudah matang, tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya sesuai selera. Aduk rata dan tumis sebentar lagi hingga bumbu meresap sempurna. Tumis kacang panjang wortel siap disajikan!

Tumis kacang panjang wortel ini cocok disantap dengan nasi putih hangat. Anda juga bisa menambahkan lauk lainnya seperti ayam atau ikan goreng untuk menu makan yang lebih lengkap. Selain sebagai menu utama, tumis kacang panjang wortel juga bisa menjadi lauk pelengkap untuk hidangan lainnya.

Selain rasanya yang enak, tumis kacang panjang wortel juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Kacang panjang dan wortel kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin A dalam wortel dan kacang panjang membantu meningkatkan kesehatan mata. Jadi, dengan menikmati hidangan ini, kita tidak hanya mendapatkan rasa yang lezat, tetapi juga manfaat kesehatan yang berlimpah.

Demikianlah resep tumis kacang panjang wortel yang bisa kita coba di rumah. Mudah, cepat, dan enak! Jangan lupa untuk selalu mengkreasikan hidangan ini sesuai dengan selera dan preferensi pribadi kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memasak tumis kacang panjang wortel. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini, Sobat Info Negeri!

By Saputra