• Thu. Jul 18th, 2024

tumis kacang panjang tempe

BySaputra

Jul 10, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semua dalam keadaan baik dan sehat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan lezat yang tak kalah populer, yaitu tumis kacang panjang tempe. Siapa yang tidak suka dengan tumisan kacang panjang yang lezat ini? Selain enak, tumis kacang panjang tempe juga sangat sehat dan mudah untuk disiapkan. Yuk, simak artikel ini sampai akhir agar kalian dapat menikmati hidangan lezat ini di rumah!

Kacang panjang, atau dalam bahasa Latin disebut Vigna unguiculata subsp. sesquipedalis, adalah salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia. Sayuran ini memiliki bentuk yang panjang, ramping, dan sangat renyah ketika dimasak. Kacang panjang mengandung banyak serat, vitamin C, vitamin A, dan mineral, sehingga sangat baik untuk kesehatan kita.

Tempe, di sisi lain, adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai fermentasi. Tempe kaya akan protein nabati, vitamin B12, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Kombinasi antara kacang panjang dan tempe membuat hidangan ini menjadi pilihan yang sempurna untuk menu sehari-hari.

Untuk membuat tumis kacang panjang tempe yang lezat, kita perlu menyiapkan beberapa bahan. Pertama, siapkan 250 gram kacang panjang segar yang telah dicuci dan dipotong-potong menjadi ukuran yang sesuai dengan selera. Kemudian, siapkan 200 gram tempe yang telah dipotong dadu. Selain itu, kita juga membutuhkan 2 bawang putih yang telah diiris tipis, 1 bawang merah yang telah diiris halus, 2 cabai merah yang telah diiris serong, dan 2 sendok makan kecap manis. Jangan lupa sediakan juga garam, gula, dan minyak goreng secukupnya.

Setelah semua bahan siap, mari kita mulai memasak tumis kacang panjang tempe ini. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan, kemudian tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Tambahkan cabai merah dan tumis sebentar hingga cabai layu. Setelah itu, masukkan tempe yang telah dipotong dadu dan aduk rata dengan bumbu. Tambahkan kecap manis, garam, dan gula secukupnya sesuai dengan selera. Aduk kembali agar bumbu meresap ke dalam tempe.

Selanjutnya, masukkan kacang panjang yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan tempe. Aduk rata dan biarkan kacang panjang matang namun tetap renyah. Jika perlu, tambahkan sedikit air untuk memudahkan proses memasak. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik dan bumbu meresap sempurna ke dalam tumisan.

Setelah tumisan kacang panjang tempe matang, hidangkan segera dengan nasi putih hangat. Anda juga dapat menambahkan lauk lainnya seperti telur dadar atau ayam goreng sebagai pelengkap. Selamat menikmati!

Tumis kacang panjang tempe adalah hidangan yang sangat lezat dan sehat untuk disajikan di meja makan keluarga. Selain rasanya yang enak, hidangan ini juga mudah dan cepat untuk disiapkan. Tidak hanya itu, tumisan ini juga cocok untuk vegetarian karena tidak mengandung bahan-bahan hewani. Kacang panjang dan tempe sebagai bahan utama juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh.

Selain itu, tumis kacang panjang tempe juga dapat dijadikan sebagai menu jualan makanan di warung atau restoran Anda. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan dapat menarik perhatian pelanggan. Jika Anda ingin memulai usaha kuliner, tumis kacang panjang tempe bisa menjadi pilihan yang menarik.

Demikianlah artikel mengenai tumis kacang panjang tempe yang santai ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri dan dapat menambah wawasan kalian tentang hidangan lezat ini. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan bagikan pengalaman kalian saat mencoba tumisan ini dengan teman dan keluarga. Selamat memasak dan selamat menikmati! Terima kasih telah membaca artikel ini.

By Saputra