tumis jengkol

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai sebuah hidangan yang mungkin tidak disukai oleh semua orang, yaitu tumis jengkol. Meskipun memiliki aroma yang khas dan kontroversial, jengkol sebenarnya sangat lezat dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi, jangan lewatkan informasi menarik mengenai tumis jengkol ini!

Tumis jengkol adalah hidangan tradisional Indonesia yang terkenal di berbagai daerah, terutama di Jawa Barat. Jengkol sendiri adalah sejenis kacang-kacangan yang biasanya dapat ditemukan di pasar tradisional. Meskipun tergolong dalam keluarga kacang-kacangan, jengkol memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Beberapa orang mungkin tidak terlalu menyukai jengkol karena baunya yang kuat, namun bagi sebagian orang, tumis jengkol adalah hidangan favorit yang selalu dinanti-nantikan.

Salah satu alasan mengapa tumis jengkol begitu populer adalah karena rasanya yang unik dan gurih. Tumis jengkol biasanya disajikan dengan bumbu rempah-rempah yang kaya akan cita rasa, seperti bawang, cabai, dan kemiri. Selain itu, tumis jengkol juga sering diberi tambahan bahan lain seperti tahu atau tempe untuk memberikan sentuhan lebih pada hidangan ini. Rasanya yang pedas dan gurih membuat tumis jengkol cocok disantap dengan nasi hangat.

Selain kelezatannya, tumis jengkol juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Jengkol mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan dan membantu mencegah sembelit. Selain itu, jengkol juga kaya akan protein nabati dan rendah lemak, sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet rendah lemak. Jengkol juga mengandung mineral dan vitamin penting seperti kalsium, fosfor, dan vitamin C.

Namun, perlu diingat bahwa jengkol memiliki sifat yang membuat urine berbau tak sedap setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi jengkol secara berlebihan atau terlalu sering. Nah, bagi Sobat Info Negeri yang penasaran dengan cara membuat tumis jengkol yang lezat, berikut ini resepnya!

Bahan-bahan:- 250 gram jengkol segar- 2 buah tahu, potong dadu kecil- 2 buah cabai merah, iris tipis- 3 siung bawang putih, cincang halus- 2 lembar daun salam- 1 batang serai, memarkan- 1 sendok teh terasi, bakar sebentar- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:1. Rebus jengkol dalam air mendidih selama kira-kira 15-20 menit hingga jengkol empuk. Tiriskan dan kupas kulitnya.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum.3. Masukkan cabai merah, daun salam, dan serai, aduk hingga cabai layu.4. Tambahkan terasi yang telah dibakar, aduk rata.5. Masukkan jengkol dan tahu, aduk hingga rata.6. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk kembali hingga bumbu meresap.7. Angkat dan hidangkan tumis jengkol dengan nasi hangat.

Itulah resep sederhana untuk membuat tumis jengkol yang lezat. Sobat Info Negeri bisa menyesuaikan rasa bumbu sesuai dengan selera masing-masing. Jika ingin lebih pedas, tambahkan cabai rawit merah atau cabai bubuk. Selamat mencoba!

Meskipun tidak semua orang menyukai tumis jengkol karena aroma khasnya, hidangan ini tetap menjadi favorit bagi banyak orang. Rasanya yang unik dan gurih membuat tumis jengkol menjadi hidangan yang selalu dinantikan. Selain itu, kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan membuat tumis jengkol juga menjadi pilihan yang cerdas untuk mengisi menu makanan sehari-hari.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba tumis jengkol jika Sobat Info Negeri belum pernah mencobanya sebelumnya. Anda mungkin akan terkejut dengan betapa lezatnya hidangan ini. Selamat menikmati tumis jengkol dan selamat mencoba resepnya!