• Sun. Jul 14th, 2024

sayur berkuah tanpa santan

BySaputra

Jan 13, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang makanan sehat yang sedang hits belakangan ini, yaitu sayur berkuah tanpa santan. Siapa yang bisa menolak kelezatan sayur yang segar dengan kuah yang lezat dan kaya rasa? Nah, sayur berkuah tanpa santan ini adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menjaga pola makan sehat dan tetap menikmati makanan yang enak. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Sayur berkuah tanpa santan memang sangat cocok untuk kalian yang ingin mengurangi konsumsi santan atau bahkan tidak memasukkannya sama sekali dalam makanan. Selain lebih rendah kalori, sayur berkuah tanpa santan juga lebih mudah dicerna oleh tubuh kita. Tidak hanya itu, sayur berkuah tanpa santan juga bisa memberikan variasi rasa yang berbeda dari sayur berkuah dengan santan yang biasa kita kenal.

Jika biasanya kita mengenal sayur lodeh yang menggunakan santan sebagai bahan utama kuahnya, kali ini kita akan mencoba membuat sayur berkuah tanpa santan dengan bahan-bahan yang lebih segar dan lebih sehat. Kalian bisa menggunakan berbagai macam sayuran sesuai dengan selera dan ketersediaan di pasaran.

Salah satu resep sayur berkuah tanpa santan yang bisa kalian coba adalah sayur asem. Sayur asem adalah sayuran yang dimasak dalam kuah asam segar yang berasal dari campuran asam jawa, tomat, dan bumbu-bumbu lainnya. Kuahnya yang segar dan asam akan membuat lidah kita bergoyang dan sangat nikmat untuk disantap.

Untuk membuat sayur asem tanpa santan, kalian akan membutuhkan bahan seperti tamarind, tomat, bawang merah, bawang putih, daun melinjo, daun kembang turi, dan berbagai macam sayuran sesuai dengan selera. Tambahkan pula garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya untuk memberikan rasa yang pas.

Caranya sangat mudah, pertama-tama tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan air secukupnya dan biarkan mendidih. Setelah air mendidih, masukkan tamarind dan tomat yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan biarkan mendidih kembali.

Selanjutnya, masukkan sayuran yang membutuhkan waktu lebih lama memasak terlebih dahulu, seperti daun melinjo dan kembang turi. Tunggu hingga sayuran tersebut setengah matang, lalu masukkan sayuran lainnya seperti jagung, labu siam, dan terong. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk rata dan biarkan hingga semua sayuran matang sempurna.

Setelah semua sayuran matang, sayur asem tanpa santan siap disajikan. Rasakan sensasi segarnya kuah asam yang menggoyang lidahmu dan kenikmatan dari berbagai macam sayuran yang segar dan lezat. Kamu juga bisa menambahkan lauk seperti tahu atau tempe goreng untuk menambah kelezatan dari sayur asem tanpa santan ini.

Selain sayur asem, masih banyak lagi variasi sayur berkuah tanpa santan yang bisa kalian coba. Misalnya, sayur lodeh tanpa santan, sayur bening tanpa santan, atau sup sayuran tanpa santan. Semua itu bisa kalian variasikan dengan berbagai macam sayuran yang kalian sukai.

Dengan mengganti santan dengan bahan-bahan segar dan sehat, kalian tidak perlu khawatir dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi pada santan. Selain itu, sayur berkuah tanpa santan juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang menjalani program diet atau ingin menjaga berat badan.

Hello Sobat Info Negeri, itulah artikel singkat tentang sayur berkuah tanpa santan yang bisa kalian coba. Jangan ragu untuk mencoba variasi sayur berkuah tanpa santan lainnya dan selalu tambahkan sayuran segar untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba dan selamat menikmati makanan sehat!

By Saputra