• Wed. Jul 17th, 2024

roti kering

BySaputra

Sep 10, 2023

Hello teman-teman pembaca, kali ini saya ingin membahas tentang roti kering. Roti kering adalah roti yang sudah tidak segar lagi dan biasanya terjadi karena roti tersebut sudah lama disimpan atau tidak disimpan dengan benar. Roti kering seringkali dianggap sebagai makanan yang tidak enak dan tidak bergizi. Namun, sebenarnya roti kering masih bisa dimanfaatkan dan disulap menjadi makanan yang enak dan bergizi. Yuk, simak artikel berikut ini!

Manfaat Roti Kering

Banyak yang berpikir bahwa roti kering tidak bergizi dan tidak layak dikonsumsi. Namun, sebenarnya roti kering masih memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Roti kering dapat digunakan sebagai sumber serat dan karbohidrat, serta dapat membantu mengontrol berat badan. Selain itu, roti kering juga dapat digunakan sebagai pengganti tepung roti dalam berbagai resep masakan.

Cara Menyimpan Roti Agar Tidak Kering

Agar roti tidak cepat kering, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, simpan roti dalam wadah tertutup atau dalam kantong plastik. Kedua, simpan roti di dalam kulkas atau freezer. Ketiga, jangan membeli roti dalam jumlah yang banyak jika tidak akan langsung digunakan. Keempat, jangan memotong roti yang belum akan digunakan.

Cara Mengolah Roti Kering Menjadi Makanan yang Enak

Roti kering dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak dan lezat. Salah satu cara mengolah roti kering adalah dengan membuat roti panggang. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan roti kering dengan telur, susu, dan gula, lalu panggang hingga matang. Selain itu, roti kering juga dapat diolah menjadi keripik roti, crouton, atau tepung roti.

Resep Roti Panggang

Berikut adalah resep roti panggang yang bisa kamu coba di rumah:

Bahan Jumlah
Roti tawar 4 lembar
Telur 2 butir
Susu cair 100 ml
Gula pasir 1 sdm
Margarin 1 sdm
Garam secukupnya

Cara membuat:1. Potong roti tawar menjadi bentuk yang diinginkan.2. Kocok telur dengan susu cair, gula pasir, dan garam.3. Celupkan potongan roti ke dalam adonan telur hingga terbalut rata.4. Panaskan margarin di atas wajan.5. Panggang potongan roti hingga matang dan kecoklatan di kedua sisinya.6. Angkat dan sajikan roti panggang dengan topping favoritmu.

Kesimpulan

Roti kering bukanlah makanan yang tidak bergizi dan tidak bisa dimanfaatkan. Dengan beberapa cara di atas, roti kering masih bisa diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi. Selain itu, cara menyimpan roti juga penting untuk mencegah roti menjadi cepat kering. Yuk, jangan lagi membuang roti kering dan coba untuk mengolahnya menjadi makanan yang lezat dan bergizi.

By Saputra