resep wajik ketan gula merah legit

Hello, sahabat pembaca yang gemar mencicipi kuliner khas Indonesia! Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan resep wajik ketan gula merah legit yang pastinya bisa membuat lidah Anda bergoyang. Wajik ketan ini merupakan salah satu kudapan tradisional yang cukup terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Rasanya yang legit dan teksturnya yang kenyal membuat wajik ketan ini menjadi pilihan favorit banyak orang. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah resep wajik ketan gula merah legit yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Ketan putih 500 gram
Gula merah 300 gram
Santan kelapa 500 ml
Garam 1/2 sendok teh
Pandan 2 lembar
Air matang 1 liter

Pertama-tama, cuci bersih ketan putih dan rendam dalam air selama minimal 2 jam. Setelah itu, tiriskan dan kukus ketan putih selama 30-40 menit hingga matang.

Sementara itu, siapkan bahan untuk membuat kuah wajik. Pertama-tama, parut gula merah dan sisihkan. Kemudian, panaskan santan kelapa dalam panci dan masak hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan gula merah yang sudah diparut dan pandan ke dalam panci. Aduk-aduk hingga gula merah larut dan kuah mengental. Tambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa yang seimbang.

Selanjutnya, campurkan ketan yang sudah matang dengan kuah gula merah. Aduk rata hingga ketan terbalut kuah dengan merata. Kemudian, tuang campuran ketan dan kuah ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan plastik wrap. Ratakan permukaan dan biarkan dingin selama 2-3 jam hingga set.

Setelah wajik ketan dingin, potong-potong sesuai dengan selera dan sajikan. Wajik ketan gula merah legit siap disantap dan menggoyang lidah Anda. Selamat mencoba!

Kesimpulan:

Demikianlah resep wajik ketan gula merah legit yang bisa Anda coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatannya yang sederhana, Anda bisa merasakan sensasi kenikmatan wajik ketan yang legit. Selain cocok untuk dinikmati sendiri, wajik ketan juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang ke kampung halaman atau diberikan sebagai hadiah untuk teman atau saudara. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Originally posted 2023-05-21 20:44:00.